oleh

Sampai Hari Ini, Gus Ipul-Puti Masih Ungguli Khofifah-Emil

-Berita Terkini-12 kali dibaca

JAKARTA – Sampai hari ini, pasangan Cagub-cawagub Jawa Timur Saifullah Yusuf (Gus Ipul)-Puti Guntur tetap menang atas pasangan Khofifah Indar Parawansa-Emil Dardak. Hasil survei Indo Barometer menyebutkan, pasangan calon (paslon) nomor 2 ini unggul dengan 45,2 persen, sedangkan Khofifah-Emil hanya 39,5 persen.

Sementara itu yang menyatakan belum menentukan pilihan sebanyak 12,6 persen dan yang menjawab tidak tahu 1,4 persen. Direktur Eksekutif Muhammad Qodari  mengatakan, berdasarkan pertanyaan tertutup terhadap 2 paslon, Gus Ipul dan Mbak Puti memperoleh dukungan 45,2 persen.

“Ini tidak terpaut jauh dengan pasangan Khofifah-Emil yang memperoleh dukungan 39.5 persen. Selisih keduanya 5,7 persen,” papar M Qodari di Hotel Harris FX Sudirman, Senayan, Jakarta, Selasa (3/4/2018).

Dalam pertanyaan tertutup terhadap dua calon, Gus Ipul juga lebih unggul dari Khofifah. Survei dilakukan dengan pertanyaan, seandainya Pilgub Jatim digelar hari ini, dari dua nama calon berikut mana yang pilih.

“Berdasarkan pertanyaan tertutup terhadap 2 nama calon gubernur, Gus Ipul memperoleh dukungan 46,6 persen dan Khofifah 40,8 persen. Selisih di antara keduanya 5,8 persen. Pemilih yang menyatakan tidak akan memilih/rahasia/belum memutuskan/tidak tahu/tidak jawab 12,7 persen,” ujarnya lagi.

Qodari juga menyampaikan, sebanyak 60,6 persen responden menginginkan Gus Ipul sebagai Gubernur Jatim menggantikan pendahulunya, Soekarwo. Sedang yang tidak menginginkan 20,3 persen,” kata Qodari.

Sebagai petahana atau Wagub Jatim, Gus Ipul dinilai berhasil. Hal ini ditunjukkan dengan tingkat kepuasan warga Jatim yang mencapai 76,5 persen.

Warga yang menyatakan tidak puas hanya 14,9 persen. Angka tingkat kepuasan ini menurut Qodari lumayan tinggi.

“Apa yang menyebabkan puas ialah tidak ada permasalahan, dekat dengan rakyat, kinerja bagus, dan jujur,” sebutnya.

Tingkat kesukaan terhadap Gus Ipul maupun Khofifah sama besar yaitu 87 persen. Popularitas keduanya juga beda tipis; Gus Ipul sebesar 97 persen dan Khofifah 96 persen.

Sedangkan alasan warga tak puas dengan kinerja Gus Ipul selama menjabat Wagub Jatim bersama Gubernur Soekarwo karena dinilai belum bisa menciptakan pemerataan pembangunan dan sulit lapangan kerja.

Tingkat kepuasan warga Jatim terhadap kinerja Gubernur Soekarwo selama dua periode yang mencapai 71,6 persen dinilai Qodari menguntungkan Gus Ipul. Warga yang puas dengan kinerja Soekarwo akan memilih Gus Ipul-Puti.

“Yang puas ini larinya ke Gus Ipul dan Puti Guntur. Yang tidak puas lari ke Khofifah-Emil walaupun banyak juga yang lari ke Gus Ipul. Sebagai incumbent, Gus Ipul diuntungkan walau tidak dominan,” pungkasnya.

Survei ini dilakukan Indo Barometer di seluruh wilayah Provinsi Jawa Timur pada 28 Januari-4 Februari 2018 menggunakan metode multistage random sampling dengan 800 responden.

Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah wawancara tatap muka dengan responden menggunakan kuisioner. Margin of error kurang lebih 3,46 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen. (goek)