oleh

Saat Mbak Puti dan Gus Ipin Adu Linting Rokok

-Berita Terkini-16 kali dibaca

TRENGGALEK – Home industri perusahaan rokok kretek di Desa Gembleb, Kecamatan Pogalan jadi titik kampanye kedua Cawagub Puti Guntur Soekarno di Kabupaten Trenggalek, Senin (2/4/2018).

Kunjungan di perusahaan milik H Latif ini, Puti didampingi Plt Bupati Trenggalek Mochammad Nur Arifin, mantan bupati Mulyadi, Sekretaris DPD PDI Perjuangan Jawa Timur Sri Untari, dan Ketua DPC PDIP Trenggalek Doding Rahmadi, serta pimpinan parpol pengusung dan pendukung pasangan Cagub-cawagub Saifullah Yusuf-Puti Guntur Soekarno.

Tak hanya mengenalkan diri dan dialog, di sela kunjungan, Puti juga sempat mencoba melinting rokok kretek. Aksi Puti ini pun diikuti Nur Arifin atau Cak Ipin.

Anggota DPR RI dua periode ini lantas berlomba dengan wabup yang juga akrab disapa Gus Ipin. Keduanya duduk bersebelahan meminjam tempat milik Enny dan Yati.

“Ini bagus aku (lintingan rokoknya), Mas Ipin,” kata Puti.

Tak mau kalah, Gus Ipin akhirnya menunjukkan hasil lintingannya. “Ya, bagus aku Mbak,” timpalnya. Keduanya lantas menunjukkan hasil lintingan rokok kretek yang membentuk angka 2.

Puti mendatangi tempat usaha H Latif setelah mengikuti acara Festival Senam Kabeh Sedulur di Gelora Menak Sopal. Kedatangan Puti dan para pendamping disambut H Latif di depan kediamannya.

Cucu Presiden pertama RI, Bung Karno berdialog tentang kondisi perusahaan yang sudah dirintis sekitar 15 tahun silam itu. “Alhamdulillah sampai sekarang produksi rokok disini masih tetap eksis,” ucapnya.

Dia menyebutkan, rokok bermerek ‘Boy’ itu dijual seharga Rp 5.500/pack. Para karyawan yang mayoritas kaum perempuan, paling banyak dari warga sekitar.

Usai dialog, Puti yang juga didampingi pimpinan partai koalisi PDIP, PKB, PKS dan Gerindra serta Perindo lantas melihat proses produksi yang hanya berjarak sekitar 100 meter dari kediaman H Latif.

Puti dan rombongan bergegas menuju tempat produksi dengan jalan kaki sambil menyapa masyarakat setempat yang sudah berjejer meminta foto dengan cucu pertama Bung Karno itu.

Selain masyarakat setempat, setiba di perusahaan rokok yang memiliki sedikitnya 400 buruh perempuan itu Puti juga dapat sambutan meriah dari para karyawan.

Sosok Puti sepertinya sudah banyak dikenal para pekerja rokok. “Itu cucunya Bung Karno ya. Sekarang nyalon wakil gubernur berpasangan dengan Gus Ipul itu,” ujar seorang karyawan pelinting rokok kretek.

Dia dan beberapa temannya pun akhirnya mendekat untuk bersalaman dengan Puti serta meminta foto bersama. Aksi mereka tersebut tak ayal membuat buruh lainnya berebut salaman dan ber-swa foto.

Dihadapan ratusan pekerja, Puti lantas membeber program pasangan Gus Ipul-Mbak Puti pada Pilgub Jatim 2018. Seperti program bantuan bagi keluarga miskin dan sangat miskin.

Puti juga menyampaikan program Jatim Sehat bagi masyarakat yang belum masuk tercover dalam KIS, pendidikan gratis bagi SMA dan SMK Negeri, program rumah layak huni dan pelayanan rumah sakit tanpa tolak. (goek)

rekening gotong royong