oleh

Repdem Komisariat Semampir Upayakan Bantuan untuk Suparmi, Janda 80 Tahun Sebatangkara

-Kabar Cabang-60 kali dibaca

SURABAYA – Ny Suparmi, janda berusia 80 tahun yang hidup sebatangkara di kawasan Surabaya Utara tak mampu menyembunyikan tangis harunya saat menerima bantuan paket sembako dari Komisariat Semampir, DPC Relawan Perjuangan Demokrasi (Repdem) Surabaya, Jumat (24/6/2022) lalu.

Tak hanya sebatas memberikan bantuan bahan makanan, relawan organisasi sayap PDI Perjuangan tersebut juga turun bersama perangkat Kecamatan Semampir untuk memastikan kondisi Suparmi.

Ketua Repdem Komisariat Semampir Rusman menuturkan awal mula kehadiran mereka menemui Ibu Suparmi. Yakni ketika dirinya menerima aduan dari masyarakat sekitar bahwa ada beberapa janda sebatangkara dan belum menerima bantuan dari pemerintah.

Usai mendengar hal itu, dirinya langsung mengambil tindakan advokasi dengan menghubungi pengurus DPC PDI Perjuangan Kota Surabaya, dan petugas Kecamatan Semampir.

“Berawal dari keluhan warga, akhirnya bersama teman-teman pengurus DPC Repdem Surabaya, kami melaporkan kondisi Ibu Suparmi agar mendapatkan bantuan, baik bantuan MBR (masyarakat berpenghasilan rendah) ataupun lewat PKH (program keluarga harapan). Kami juga memberikan bantuan sembako dari DPC PDI Perjuangan Surabaya untuk ibu tersebut,” beber Rusman di Surabaya, Selasa (28/6/2022).

Selain Suparmi, ungkapnya, ada pula Rozahtun, perempuan lanjut usia yang sudah lumpuh sejak 2012 silam. Lansia tersebut hidup bertiga dengan menantunya yang terkena stroke, dan seorang anak perempuan yang bekerja serabutan.

Kondisi itu membuat Rohzatun kesulitan dalam berobat. Untuk itu, Repdem Semampir pun berusaha mengadvokasi keinginan dari menantu Rohzatun, yakni untuk memiliki mesin jahit untuk dijadikan usaha.

“Kami berusaha mengavokasi anaknya agar mendapat bantuan mesin jahit. Sehingga dapat membangun usaha dan menghidupi keluarganya. Seperti yang diajarkan Bung Karno agar setiap masyarakat mempu berdikari di bidang ekonomi,” ujarnya.

Sementara itu, Alex dari Repdem Surabaya yang mendampingi Komisariat Semampir melakukan advokasi mengatakan, marwah Repdem sebagai sayap PDIP adalah membantu Partai untuk menuntaskan permasalahan rakyat.

“Repdem hadir di tengah-tengah masyarakat guna menyelesaikan masalah yang dialami kaum miskin kota, hingga buruh. Itulah gunanya Repdem,” ujarnya. (yols/pr)