oleh

Puti: Puskesmas dan RS Tidak Boleh Menolak Siapapun yang Akan Berobat

MALANG – Calon Wakil Gubernur Jawa Timur Puti Guntur Soekarno terus memanaskan mesin PDI Perjuangan untuk mengampanyekan program-program kerjanya bersama Calon Gubernur Saifullah Yusuf (Gus Ipul).

Di antaranya, program pendidikan gratis bagi SMA dan SMK serta layanan kesehatan gratis, berkualitas, dan merata hingga pelosok desa.

Menurut Puti, pendidikan gratis bagi SMA-SMK ini dinamakan Program Dik Dilan, atau pendidikan gratis berkelanjutan. Dana yang dialokasikan untuk sekolah gratis 12 tahun ini sebesar Rp 1,4 triliun setiap tahun.

Sedang masalah kesehatan, pasangan Gus Ipul-Mbak Puti akan memberi perhatian lebih ketimbang sebelumnya. Khususnya layanan bagi masyarakat kecil yang kerap menemui persoalan ketika akan berobat ke puskesmas atau rumah sakit.

“Ke depan, puskesmas dan rumah sakit tidak boleh menolak siapapun yang akan berobat,” tegas Puti, di depan ratusan pengurus mulai anak ranting, hingga cabang PDI Perjuangan se-Kota Malang, di acara Rakercabsus PDIP Kota Malang, Selasa (20/2/2018).

Agar program-program tersebut bisa dinikmati seluruh warga Jatim, tambah Puti, kader PDI Perjuangan harus memenangkan pasangan Gus Ipul-Mbak Puti pada Pilkada Jatim yang akan berlangsung 27 Juni mendatang.

Sementara itu, dalam sambutan pembukaan rakercabsus yang berlangsung di kantor DPC PDI Perjuangan Kota Malang, Sekretaris DPD PDIP Jawa Timur Sri Untari Bisowarno menegaskan, perjuangan memenangkan Gus Ipul-Mbak Puti adalah harga mati.

“Pada pilgub sebelumnya kita boleh kalah, tapi kali ini kita harus menang total. Mbak Puti adalah cucu asli Bung Karno. Mau ditaruh di mana muka kita kalau tidak bisa bekerja dalam memenangkan Gus Ipul – Mbak Puti?” tandas Untari.

Politisi yang juga Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Provinsi Jawa Timur ini pun mengajak semua kader Partai di Kota Malang untuk bersama-sama mengembalikan kejayaan partai demi memperjuangkan nilai-nilai dan ajaran Bung Karno.

Karena itu, pihaknya menginstruksikan semua pengurus PDI Perjuangan untuk bergerak. Menjalin komunikasi intensif dengan siapa saja tokoh pemuda, tokoh agama dan tokoh masyarakat di tempat masing-masing.

“Semuanya semata-semata demi kemenangan Gus Ipul-Mbak Puti dan Partai yang kita cintai,” kata Untari, disambut teriakan kesiapan peserta rakercabsus. (set)