oleh

Puti: Makam Ki Ronggo Bondowoso Bisa Jadi Destinasi Wisata Religi

-Berita Terkini-104 kali dibaca

BONDOWOSO – Makam Raden Bagus Assra, di Kelurahan Sekar Putih, Kecamatan Tegalampel, Kabupaten Bondowoso punya potensi dikembangkan menjadi salah satu destinasi wisata religi.

Pasalnya, makam tokoh yang lebih dikenal sebagai Ki Ronggo Bondowoso itu kerap didatangi para peziarah. Bahkan banyak yang dari luar kota.

Cawagub Jatim nomor urut dua Puti Guntur Soekarno mengatakan, sebagai tokoh yang ‘babat alas’ Bondowoso, Makam Ki Ronggo bisa dijadikan satu titik wisata budaya, sejarah dan religi.

“Ini perlu pembenahan dan diangkat karena makam ini jadi jujugan peziarah. Kami ingin program ‘Seribu Dewi’ atau Seribu Desa Wisata yang kami usung bisa membenahi makam Ki Ronggo,” kata Puti, usai berziarah di makam Ki Ronggo, Rabu (28/3/2018).

Irwan Bachtiar yang mendampingi Mbak Puti selama ziarah mengatakan, area makam keturunan panembahan Adikoro IV Pamekasan yang luas dan bersih tersebut memang sering dikunjungi peziarah.

“Ini menjadi bagian dari wisata religi di Bondowoso,” sebutnya.

Puti yang juga pendamping Cagub Saifullah Yusuf (Gus Ipul) menambahkan, ziarah kepada leluhur pendiri tanah Kabupaten Bondowoso itu bagian dari mengenang sejarah para pendahulu, agar tidak sampai melupakan sejarah.

“Tujuan ke sini pertama untuk mendoakan dan mengenang jasa-jasa beliau,” ujarnya.

Meski demikian, Puti juga ingin melihat-lihat kondisi fasilitas makam penguasa pertama Kabupaten Bondowoso yang dimakamkan pada tahun 1854 silam itu.

Saat masuk areal makam, Puti disambut langsung juru kunci Nur Hafidz dan Suhartono. Cucu Presiden pertama RI, Soekarno itu bersama Irwan kemudian langsung menuju tiga makam yang keberadaannya beda dengan yang lain.

Tiga makam itu, yakni makam Raden Bagoes Assra M Nga Kertoenegoro atau Ki Ronggo, Roro Sakidjah (istri R Bagoes Assra), dan Djoko Sridin Mas Ngabei Kertokoesoemo (Ki Ronggo II).

Keduanya lantas memanjatkan doa di depan pusara makam Ki Ronggo Bondowoso dilanjutkan menaburkan bunga. Usai berdoa, Puti dan Irwan mengikuti pembacaan tahlil bersama peziarah lainnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Ikatan Keluarga Besar Ki Ronggo, Supriadi menyambut baik program Seribu Dewi Gus Ipul dan Mbak Puti.

Dia juga mengaku senang dengan kehadiran keturunan Presiden pertama RI tersebut.

“Kami senang beliau menyempatkan berziarah di makam yang satu-satunya bersejarah yang ada di dalam kota,” ujarnya. (goek)