oleh

Puti Ingin Perempuan Jatim Lebih Banyak Ambil Peran

-Berita Terkini-8 kali dibaca

SURABAYA – Calon Wakil Gubernur Jawa Timur, Puti Guntur Soekarno mengatakan, bahwa perempuan memiliki potensi untuk mengambil berbagai peran dalam sendi kehidupan.

Hal ini dia sampaikan, usai acara nonton bareng (nobar) film berjudul “Bunda: Kisah Cinta 2 Kodi”, di XXI Transmart, Rungkut, Surabaya, Sabtu (24/2/2018).

“Film tadi mengingatkan kepada kita, perempuan untuk bisa multitasking. Punya berbagai kemampuan di dalam posisi kita, apapun jabatannya,” kata Puti.

“Mau perempuan itu sebagai ibu rumah tangga, politisi, guru, atau pengusaha, intinya bahwa peran kita di dalam rumah tangga tak pernah bisa ditinggalkan,” ujarnya.

Mengambil contoh alur film tersebut, Puti menyebut perempuan bisa menjadi penopang ekonomi bagi keluarga.

“Sebab, itulah refleksi perempuan. Bahwa, kalau sudah kepepet, pasti punya ide, tahu apa yang dilakukan demi rumah tangga. Intinya adalah demi rumah tangga,” jelas Puti.

Cawagub pendamping Cagub Saifullah Yusuf (Gus Ipul) yang juga ibu dua anak ini kemudian mencontohkan kehidupan keluarganya.

Puti yang juga anggota DPR RI dua periode ini sempat menceritakan susahnya menjadi anggota legislatif sekaligus seorang ibu. Misalnya, saat rapat di dewan pernah mendapat telepon dari anaknya, yang menanyakan soal menu makan siang.

“Pernah juga, ketika rapat saya mendapat telepon dari sekolah bahwa anak saya sakit panas,” kenang cucu proklamator Bung Karno ini.

“Sementara saya harus berdiskusi bersama para menteri untuk menyusun undang-undang. Tapi di sisi lain, saya juga harus memikirkan anak-anak saya,” tambah dia.

Oleh karena itulah, ia mengingatkan peran penting perempuan dalam keluarga. “Perempuan harus bisa berbagi peran. Kapan harus berkarier, mengurus kerjaan, anak, dan suami,” jelasnya.

Selain itu, untuk meningkatkan kualitas perempuan, pasangan Gus Ipul – Puti juga telah menyiapkan program pelatihan perempuan. Di antaranya melalui pelatihan.

“Gus Ipul dan saya berkomitmen memberikan peningkatan kreatifitas perempuan. Di antaranya dengan memberikan pelatihan-pelatihan agar bisa meningkatkan taraf hidup ekonomi kelurga,” tuturnya.

Acara nobar “Bunda: Kisah Cinta 2 Kodi” ini digagas oleh organisasi perempuan Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Perempuan PKS.

Selain bersama para kader PKS, Puti juga didampingi oleh istri Saifullah Yusuf, Fatma Saifullah Yusuf.

Film dibintangi Acha Septriasa ini bercerita tentang seorang perempuan bernama Tika (Acha Septriasa) yang berjuang keras menyelamatkan kehidupan keluarga dan rumah tangganya.

Ia harus berjuang di antara harapan, impian dan cintanya kepada suami dan anak-anaknya.

Di antara tantangan Tika adalah untuk memulai sebuah bisnis baju muslim anak – sesuatu yang belum ia pahami sama sekali. Di saat bersamaan, dia juga harus bertanggungjawab menjadi ibu dari dua anaknya.

Sementara itu, Ketua Bidang Perempuan PKS Jatim, Lilik Hendarwati, mengatakan bahwa tujuan acara nobar ini, selain untuk mengenalkan sosok Puti kepada kader dan masyarakat pada umumnya, juga memberikan usulan program berkaitan dengan perempuan.

“Kami berharap permasalahan keluarga di Jawa Timur, terutama perceraian, bisa berkurang. Misalnya, melalui pelatihan dan pendidikan tentang arti penting keluarga,” urai Lilik. (goek)