Plt Bupati Marhaen Mainkan Bonang pada Nyadran di Desa Gejagan

 132 pembaca

NGANJUK – Plt Bupati Nganjuk Marhaen Djumadi menghadiri acara bersih desa atau nyadran Desa Gejagan Kecamatan Loceret, Senin (20/6/2022).

Tak disangka, Plt Bupati Marhaen melebur bersama pengrawit dan memainkan gamelan jenis bonang pada acara itu.

Nyadran di desa ini dilaksanakan selama 4 hari berturut-turut. Rupa-rupa acaranya. Hari pertama kegiatan pengajian dan tasyakuran, kemudian dilanjutkan dengan festival jajanan pasar selama dua hari.

Di sela-sela festival jajan pasar, sekelompok pengrawit memainkan kesenian karawitan.

Pada acara tersebut, Plt Bupatu Marhaen didampingi Camat Loceret, Nur Binti SSos fan Kepala Desa Gejagan Dedy Nawan. Hadir pula pada acara itu yakni seluruh kepala desa se-Kecamatan Loceret.

Di lokasi, Plt Bupati Marhaen tidak hanya berkunjung ke stan-stan UMKM jajanan pasar saja. Plt Bupati yang juga Wakil Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Timur itu tampak menikmati suguhan seni karawitan.

Sebagian hadirin terkejut saat Plt Bupati Marhaen bergabung dengan para pengrawit dan memainkan bonang. 

Beberapa saat memainkan alat musik tradisional berbahan logam itu, Plt Bupati Marhaen melakukan penanaman bibit kelapa genjah di sekitar tempat acara. Kemudian menyerahkan piagam kepada anak-anak yang mengikuti lomba mewarnai, serta piagam untuk ibu-ibu pemenang festival jajan pasar.

Dalam Sambutannya, Plt Bupati yang karib disapa Kang Marhaen tersebut mengatakan, dirinya berencana mengajak para pengrawit dari desa ini untuk memainkan alat musik karawitan di pendopo kabupaten, KRT. Sosrokoesoemo. Apalagi, kata dia, peralatan yang ada lumayan lengkap. 

“Kita berharap pengrawit nanti diajak ke pendopo. Di pendopo punya gamelan lengkap, tapi jarang di pakai,” katanya.

Kang Marhaen juga memberikan apresiasi pelaksanaan nyadran dan wisata edukasi di desa ini. “Saya kira wisata edukasi ini cukup bagus, namun belum ada kulinernya,” ucap Kang Marhaen.

Ia juga berharap, untuk setiap desa di Nganjuk mempunyai inovasi dengan berbagai kekhasan masing-masing.

“Kita memberikan wadah untuk bapak atau ibu kepala desa, sehingga punya berbagai macam keunggulan,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Desa Gejagan, Dedy Nawan mengucapkan rasa terima kasih kepada Plt. Bupati Nganjuk yang menyempatkan hadir pada acara festival jajanan pasar di Taman Edukasi wisata Desa Gejagan.

“Alhamdulillah, kami terharu karena bapak Plt. Bupati bisa hadir dan juga menanam pohon kelapa genjah,” katanya.

Dedy berharap, wisata edukasi di desanya bisa memberikan kontribusi, minimal kepada Desa Gejagan dan semua masyarakat Kabupaten Nganjuk. (endyk/hs)