Perubahan Dapil Pemilu 2024 di Jember, PDI Perjuangan Targetkan Menang

Loading

JEMBER – Perubahan daerah pemilihan (dapil) di Kabupaten Jember, Jawa Timur, dalam Pemilu 2024 berpotensi menguntungkan PDI Perjuangan. Partai berlogo kepala banteng ini berpeluang meraih 12-14 kursi DPRD Jember.

“Dari enam dapil menjadi tujuh dapil, ini sangat memungkinkan PDI Perjuangan untuk bisa mendulang kursi sebanyak-banyaknya,” ujar Bendahara DPC PDI Perjuangan Jember, Agus Sofyan, Rabu (24/5/2023).

“Dengan bergesernya dapil ini, saya pikir, kesempatan kami lebih. Pada Pemilu 2019 kami sudah hampir memperoleh delapan kursi. Ada beberapa sisa suara yang kalau itu bisa ditingkatkan sedikit di beberapa dapil, insya Allah pada Pemilu 2024, kami bisa 12 kursi. Bahkan bisa lebih dari itu,” tambahnya.

Berdasarkan keputusan KPU RI, Dapil Jember 1 memperebutkan 7 kursi, yang meliputi Kecamatan Ajung, Kaliwates, Sumbersarim Pakusari. Dapil Jember 2 memperebutkan 7 kursi, yang meliputi Kecamatan Rambipuji, Panti, Sukorambi, Patrang, dan Arjasa.

Dapil Jember 3 memperebutkan 6 kursi, yang meliputi Jelbuk, Kalisat, Ledokombo, Sukowono, dan Sumberjambe. Dapil Jember 4 yang meliputi Tempurejo, Mumbulsari, Mayang, dan Silo, memperebutkan 6 kursi.

Dapil Jember 5 memperebutkan 8 kursi, meliputi Balung, Wuluhan, Ambulu, dan Jenggawah. Dapil Jember 6 memperebutkan 7 kursi meliputi Jombang, Kencong, Gumukmas, dan Puger. Dapil Jember 7 memperebutkan 9 kursi, terbanyak dibanding dapil lainnya, yang meliputi Sumberbaru, Umbulsari, Tanggul, Semboro, dan Bangsalsari.

Agus mencontohkan Dapil Jember 6 dan Jember 7. Menurutnya, para kader PDI Perjuangan yang ditugaskan sebagai bacaleg memiliki kompetensi untuk memenangkan Pemilu 2024.

“Di situ kami akan memaksimalkan kader-kader kami untuk lebih berkompeten memenangi Pemilu 2024. Proses pemenangan berbasis tempat pemungutan suara. Masing-masing mengelola wilayah. Saya pikir masih memungkinkan PDI Perjuangan memenangi pemilu di Jember,” jelasnya.

Disinggung konsolidasi, Agus menjelaskan bahwa pihaknya akan melakukan konsolidasi secara efektif dan efisien. Strategi pemenangan akan berbasis komunitas.

“Saya pikir tidak ada masalah. Artinya konsolidasi intensif yang kami lakukan dengan kebijakan di internal DPC PDI Perjuangan Jember, kami yakin bisa menghemat logistik. Di internal kami memang ada strategi baru yang diterapkan di periode ini,” tuturnya.

“Kami akan menggarap wilayah-wilayah yang sudah dibagi menurut ketentuan DPC. Harapannya proses pemenangan Pemilu 2024 bisa maksimal,” tandasnya. (alfian/set)