oleh

Peringati HUT ke-44, Kader PDIP Nyekar Makam BK dan Gus Dur

BANGKALAN – Memperingati Hari Ulang Tahun ke-44 PDI Perjuangan, keluarga besar PAC dan Ranting PDI Perjuangan Kecamatan Sepulu, Kabupaten Bangkalan menggelar kegiatan wisata religi.

“Wisata religi tahun ini nyekar ke makam dua mantan Presiden Republik Indonesia, yakni makam KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) di Jombang dan makam Presiden Pertama RI, Ir Sukarno di Blitar,” kata Suyitno, anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD Bangkalan, pada pdiperjuangan-jatim.com, Sabtu (14/1/2016).

Acara wisata religi ini diikuti 47 orang dari pengurus ranting dan pengurus PAC se Kec Sepulu. Ikut mendampingi anggota DPRD Kab Bangkalan, Suyitno serta 3 orang alim ulama selaku pendamping peserta saat berdoa di makam.

“Selain memperingati HUT PDI Perjuangan, kegiatan ini dimaksudkan agar para pengurus partai bisa mendalami makna dan sejarah perjalanan bangsa ini, melalui kedua guru bangsa tersebut,” jelas Sekretaris DPC PDI Perjuangan Kabupaten Bangkalan ini.

Keluarga besar pengurus PDIP di Kecamatan Sepulu tersebut menggunakan bus dari Bangkalan menuju lokasi makam Gus Dur di kawasan Pondok Pesantren Tebuireng Jombang.

Setiba dikomplek makam Gus Dur sekitar Pukul 12.00 WIB, rombongan langsung memasuki makam dan melaksanakan doa bersama serta melantunkan bacaan tahlil serta istighotsah yang dipimpin ulama pendamping.

Perjalanan dilanjutkan ke makam Bung Karno (BK) di kawasan Bendogerit Kota Blitar sekitar pukul 15.30 WIB. Seperti halnya di makam Gus Dur di Tebuireng, rombongan melaksanakan tahlil dan istighotsah.

Mendoakan serta meresapi perjuangan para guru bangsa, imbuh Suyitno,  adalah kewajiban bagi setiap rakyat Indonesia.

“Sehingga gagasan dan perjuangan beliau keduanya bisa kita lanjutkan bersama dengan melakukan pembangunan demi terwujudnya masyarakat adil dan makmur,” pungkasnya. (ven)