oleh

Patung Bung Karno di Lemhannas Diresmikan, Ini Harapan Ketua DPR

-Kronik-45 kali dibaca

JAKARTA – Ketua DPR RI Puan Maharani berharap keberadaan patung Sang Proklamator Bung Karno di Gedung Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas), Jakarta yang Kamis (20/5/2021) diresmikan menambah inspirasi mengenai pengabdian untuk bangsa dan negara.

“Semoga para calon pemimpin yang digembleng di Lemhannas mengingat pengabdian Bung Karno untuk Indonesia saat melihat patungnya, dan menginspirasi untuk meneruskan perjuangan serta pengabdian pada bangsa dan negara,” kata Puan.

Baca juga: Diresmikan Megawati, Ini Makna Patung Bung Karno di Lemhannas RI

Patung Bung Karno itu diresmikan Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri. Puan turut hadir mendampingi Megawati bersama Gubernur Lemhannas Agus Widjojo, Wakil Gubernur Lemhannas Wieko Syofyan, Sestama Lemhannas Purwadi Arianto, dan Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto.

Peresmian patung bertepatan dengan HUT ke-56 Lemhannas dan Hari Kebangkitan Nasional. Patung tersebut dibuat Dunadi, seniman dari Yogyakarta, yang mengacu pada patung Bung Karno di Museum Blitar.

Ukuran patung Bung Karno yang diresmikan di Gedung Lemhannas mencapai 4 meter, berbahan logam campuran, berwarna perunggu kimia bakar, dan memiliki berat kurang lebih 2 ton.

Patung tersebut menunjukkan ikon bahwa Lemhannas merupakan lembaga pendidikan bagi para pemimpin sehingga diwujudkan dalam bentuk Bung Karno sedang duduk membaca buku.

“Dari kegemaran membaca buku, lahirlah pemikiran dan gagasan-gagasan besar Bung Karno yang masih relevan hingga saat ini. Di antaranya tentang pendirian Lemhannas dan pentingnya pemahaman geopolitik Indonesia,” ungkap Puan.

“Saya berharap Lemhannas dapat berkontribusi positif, bekerja kolektif, merumuskan jalan untuk Indonesia raya yang sepenuhnya berdaulat, mampu meletakkan dasar-dasar pertahanan dan keamanan sesuai dengan geopolitik dan kultur Indonesia,” harap cucu Bung Karno tersebut. (goek)

Komentar