oleh

Megawati Ingin Pemerintah Prioritaskan Isu Lingkungan Hidup

pdip-jatim-megawati-di-kebun-raya-tabananBEDUGUL – Ketua Umum Yayasan Kebun Raya Indonesia (YKRI) Megawati Soekarnoputri ingin isu lingkungan hidup nantinya lebih diperhatikan dan menjadi prioritas pemerintah.

Hal itu diungkapkan Megawati saat mengajak 24 duta besar negara sahabat mengunjungi Kebun Raya Eka Karya, Bedugul, Bali, Sabtu (6/8/2016).

“Saya sudah bicara kepada presiden, bahwa ke depan Indonesia sangat membutuhkan lingkungan hidup. Harus diprioritaskan,” kata Megawati.

Presiden Kelima RI tersebut menambahkan, saat ini sudah banyak permasalahan lingkungan hidup muncul, seperti perubahan iklim dan pemanasan global. Jika tidak memulai untuk peduli dengan isu tersebut Megawati khawatir Indonesia akan banyak kehilangan plasma nutfah.

“Termasuk apa yang ada di kebun raya ini,” kata Megawati, yang juga Ketua Umum DPP PDI Perjuangan ini.

Dia bersyukur karena saat ini semakin banyak daerah yang peduli terhadap lingkungan hidup.

Di samping itu, keinginan untuk memiliki kebun raya pun bermunculan dari daerah. Sebab, lanjut dia, kebun raya juga memiliki beberapa fungsi, di antaranya penelitian, pendidikan dan konservasi.

Pada kesempatan itu, Megawati juga mengungkapkan keprihatinannya dengan kondisi di masyarakat bahwa kebun raya justru tak menjadi pilihan utama objek wisata.

“Saya merasa prihatin karena sepertinya kebun raya itu tidak jadi sebuah tempat untuk atraksi (menarik) masyarakat,” tuturnya.

Oleh karena itulah, Megawati selalu berupaya untuk membaguskan, memeliharanya secara lebih intens dan lain sebagainya lalu mengenalkan kebun raya pada masyarakat. (goek/*)