oleh

Masyarakat Desa Wisata  Inginkan Gus Ipul-Puti Pemenang Pilgub Jatim

-Berita Terkini-3 kali dibaca

LUMAJANG – Masyarakat Desa Sumber Mujur sangat berharap pasangan Cagub-cawagub Saifullah Yusuf – Puti Guntur Soekarno terpilih sebagai pemimpin Jawa Timur periode 2019-2024.

Pasalnya, pasangan dinilai paling peduli dengan pengembangan kawasan wisata, khususnya yang berbasis desa.

Ketua Kelompok Sadar Wisata (pokdarwis) Hutan Bambu Sumber Mujur Tarimin mengatakan, program 1.000 Dewi atau desa wisata termasuk program unggulan pasangan Gus Ipul-Mbak Puti.

Masuknya program untuk mengembangkan wisata berbasis kemasyarakatan inilah, menurutnya, merupakan kepedulian pasangan calon nomor urut dua ini.

Jika pasangan ini terpilih, pihaknya berharap program seribu dewi segera terealisasikan.

“Bermacam pelatihan yang mendukung berkembangnya desa akan sangat bermanfaat bagi masyarakat Sumber Mujur,” kata Tarimin, di sela kunjungan Puti Guntur Soekarno di tempat wisata Hutan Bambu, Desa Sumber Mujur, kemarin.

Pelatihan usaha misalnya, akan menjadikan produk warga yang dijual di lokasi wisata, akan lebih bermutu, baik dari sisi produknya sendiri maupun pengemasannya.

Sehingga kalau ada wisatawan datang ke sini, ujar Tarimin, mereka akan tertarik membeli oleh-oleh dengan harga yang lebih baik ketimbang sebelumnya.

“Saya juga berharap, program Seribu Dewi dapat membantu mengembangkan Wisata Hutan Bambu dengan promosi yang lebih baik,” harap Tarimin.

Masyarakat Sumber Mujur, sebut Tarimin, sangat antusias menyambut kedatangan Puti Guntur. Sebab, menurutnya, Puti sebagai cucu Soekarno, sudah sepantasnya disambut dengan meriah.

“Kami ingin berterima kasih pada Bung Karno atas segala perjuangannya memerdekakan bangsa ini. Kehadiran Mbak Puti menjadi satu anugerah bagi kami untuk lebih mandiri,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, Puti Guntur Soekarno menekankan pentingnya program Seribu Dewi dan Pendidikan Gratis Dilanjutkan (Dik Dilan).

Dua program ini untuk meningkatkan potensi desa di bidang wisata sekaligus pembangunan kualitas sumber daya manusia (SDM)-nya jadi lebih berdaya.

Puti juga menginginkan, pokdarwis-pokdarwis di Jawa Timur mampu menjaga ekosistem dan kelestarian lingkungan.

“Kalau lingkungannya bersih, potensi wisatanya berkembang. Saya yakin masyarakat Sumber Mujur akan lebih makmur dan sejahtera,” kata Puti.

Program Seribu Dewi, tambah Puti, berupa pendampingan bagi masyarakat akan pentingnya menjaga potensi-potensi sumber daya alam untuk dikembangkan wisata, pelatihan padat karya, serta bantuan pelestarian dan pengembangan destinasi wisata. (set)

rekening gotong royong