oleh

Luapan Airnya Banjiri Sawah dan Pemukiman, Ketua DPRD Nganjuk Sidak Sungai Plawon

NGANJUK – Ketua DPRD Kabupaten Nganjuk Tatit Heru Tjahjono melakukan sidak ke wilayah yang terkena luapan Sungai Plawon di Desa Mojorembun, Kecamatan Rejoso, Rabu (2/12/2020).

Kunjungan dinas ini dia lakukan setelah mendapat keluhan masyarakat tentang luapan air sungai yang mengakibatkan sawah dan sisi timur Balai Desa Mojorembun banjir.

Sebelumnya pada Selasa malam, hujan deras mengguyur hampir seluruh wilayah Kabupaten Nganjuk. Hujan deras itu mengakibatkan debit air Sungai Plawon naik dan menggenangi sawah di sekitarnya, serta kawasan timur Balai Desa Mojorembun.

“Karena diguyur hujan lebat sekitar tiga jam, dan sungai di Mojorembun selama ini sebagai penampung air dari Kecamatan Wilangan dan dari daerah hutan Desa Tempuran serta Ngadiboyo, airnya meluap dan masuk ke sini semua,” terang Kepala Desa Mojorembun, Bambang.

Menurutnya, pernah dilakukan normalisasi sungai pada 2015 karena ada beberapa titik tanggulnya yang sudah mulai rapuh. Hampir tiap tahun, sebutnya, ada saja tanggul yang jebol.

“Bahkan tadi malam ada tiga titik tanggul yang jebol sebelah barat. Akhirnya air tersebut masuk ke perkampungan di Dusun Bulurejo, dan juga di Dusun Mojorembun,” imbuhnya.

Tatit mengatakan, setelah melihat langsung kondisi di lapangan, pihaknya bakal menganggarkan pembenahan saluran di APBD 2021. Dia pun akan minta Bupati Nganjuk melalui Dinas PUPR untuk secepatnya melakukan normalisasi di Sungai Puhkosong yang kondisinya juga perlu perbaikan.

Demikian juga dengan normalisasi saluran air di daerah–daerah lainnya. Untuk ini, pihaknya sudah mengadakan pembahasan sesuai peraturan perundang–undangan.

“Pelaksanaannya nanti di eksekutif sesuai masukan dari Badan Anggaran DPRD Nganjuk, supaya secepatnya dilakukan eksekusi anggaran. Sehingga di bulan Januari atau Februari 2021, harus ada normalisasi di Sungai Puhkosong,” ujarnya.

“Sedangkan di sungai Plawon akan dilakukan perbaikan tanggul–tanggul yang jebol,” imbuh wakil rakyat yang juga Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Nganjuk ini. (endyk)

rekening gotong royong