oleh

Lontong Balap, Menu Sarapan Puti di Pasar Pelabuhan, Canggu

-Berita Terkini-18 kali dibaca

MOJOKERTO – Lontong balap, kuliner khas daerah menjadi menu sarapan Cawagub Puti Guntur Soekarno, Selasa (6/3/2018). Makan khas asal Surabaya ini ditemui Puti, di sela blusukan di Pasar Pelabuhan, Canggu, Kecamatan Jetis, Kabupaten Mojokerto.

Acara safari kampanye Puti hari ini memang di kawasan Mojokerto utara. Cawagub pendamping Cagub Saifullah Yusuf (Gus Ipul) ini mengawali acara keliling di Bumi Majapahit dengan menyapa pedagang dan pembeli di pasar desa tersebut.

Setelah menyapa dan menyerap aspirasi di stan-stan pasar, Puti lantas memesan lontong balap Cak Purnama, di depan Pasar Pelabuhan.

“Silakan semuanya, saya belum sarapan. Ini makanya saya lihat lontong balap di sini, saya mampir sekaligus mencoba kuliner khas daerah,” ujar Puti.

Lontong balap adalah sajian lontong berkuah dengan isian tauge, tahu, dan lentho, gorengan berbahan kacang tholo sebagai pelengkap lontong balap. Bagi yang suka rasa pedas dapat menambahkan sambal petis yang merupakan ciri khas lontong balap.

“Ini yang namanya lentho, Mbak Puti,” kata penjual lontong balap.

Puti mengaku senang bisa mencicipi lontong balap khas Jawa Timur ini. “Saya suka terutama sate kerangnya ini,” ungkap Puti.

Sementara itu, dalam kunjungan ke pasar Canggu ini Puti banyak dikeluhi para pedagang terkait manajemen dan pengelolaan pasar yang kurang bagus. Akibatnya pembeli mulai enggan untuk datang ke pasar yang dikelola desa tersebut.

“Saya dengan Gus Ipul memiliki komitmen untuk melakukan revitalisasi pasar, agar menjadi lebih baik dan mendatangkan multiplier effect bagi pedagang. Pasar tradisional harus tetap kita jaga,” kata Puti. (goek)