oleh

Lewat “Halo Masbup”, Hari Ini Lapor Besok Ditangani

-Kronik-37 kali dibaca

KEDIRI – Sejak dilauncing 25 Maret 2021 lalu atau pas di Hari Jadi Kabupaten Kediri ke-1217,  aplikasi “Halo Masbup” per tanggal 22 April 2021 telah menerima 385 aduan terverifikasi. 

Rinciannya, 69 aduan ditinjau satker, 41 aduan dalam proses eksekusi dan 275 aduan telah selesai ditindaklanjuti.

Laporan yang masuk beragam, yang sebagian besar di antaranya mengenai kerusakan jalan, masalah bansos, insentif guru, layanan administrasi kependudukan dan layanan publik di desa.

Adanya aplikasi ini merupakan wujud komitmen dari Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana yang akrab disapa Mas Bup dan Wakil Bupati Dewi Maria Ulfa, pasangan yang diusung PDI Perjuangan, dalam melayani masyarakat.

Sekaligus bentuk fasilitasi Pemkab Kediri untuk mendukung partisipasi masyarakat dalam membantu meningkatkan pelayanan publik.

Aplikasi ini terbukti efektif dalam merespon dan menindaklanjuti aduan masyarakat. Salah satunya perbaikan jalan yang dilakukan Dinas PUPR di Desa Badas, Kecamatan Badas, dimana jangka waktu antara pelaporan dan pengerjaan hanya berselang dua hari.

Kemudian pelepasan banner reklame yang ditancapkan di pohon-pohon di sekitar Desa Kunjang Kecamatan Ngancar. Pelepasan oleh Satpol PP ini dilakukan sehari setelah laporan disampaikan melalui aplikasi.

Apresiasi pun diberikan salah satu warga terhadap respon cepat yang diberikan. “Mencoba aplikasi Halo Masbup, untuk saat ini bisa dibilang keren poll. Kemarin siang lapor, hari ini sudah ditindaklanjuti tim terkait yang turun ke lapangan,” ujarnya, Jumat (23/4/2021).

Hal senada disampaikan salah satu warga Kecamatan Badas atas tindak lanjut dari laporannya.

“Saya melaporkan adanya kerusakan jalan yang menyebabkan jatuhnya korban, banyak yang jatuh disitu. Saya tidak menduga perbaikan jalan dilakukan dua hari kemudian, bahkan selesai hari itu juga. Saya mengucapkan terima kasih atas kinerja dari Mas Bupati dengan aplikasi Halo Masbup ini,” ucapnya.

Dari aduan yang masuk setiap hari, terlihat masyarakat cukup antusias memanfaatkan aplikasi Halo Masbup. Sosialisasi penggunaan aplikasi ini pun gencar disampaikan melalui berbagai media, baik media cetak, online, elektronik dan media sosial.

Begitu juga dengan informasi aplikasi dan tutorial penggunaan yang ditempatkan di kantor kecamatan, kantor desa dan puskesmas se-Kabupaten Kediri. (putera/pr)

Komentar