oleh

Kusnadi: Harkitnas Momentum Kuatkan Rasa Kebersamaan

-Headline-41 kali dibaca

SURABAYA – Peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) dimaknai secara berbeda oleh Ketua DPRD Provinsi Jawa Timur, Kusnadi. Menurutnya, Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) harus menjadi momentum untuk menguatkan rasa kebersamaan dan persatuan.

Kebangkitan bangsa ini, tambah Kusnadi, hanya dapat terwujud jika seluruh anggotanya memiliki semangat dan tujuan yang sama.

“Para teoritis mengatakan, terbentuknya suatu bangsa karena mereka pernah hidup bersama, merasakan suatu peristiwa bersama dan menginginkan keadaan yang sama,” ujarnya.

Sesuai tema Harkitnas ke-114 “Ayo Bangkit Bersama”, maka semangat untuk bangkit harus menjadi landasan bersama. Salah satunya lewat perjuangan untuk pulih dari masa pandemi Covid-19.

“Bangsa lebih luas dari rakyat. Dari hal ini, maka munculnya gotong royong. Nah, ini menjadi satu sarana untuk menyamakan perasaan itu,” terangnya.

Karena itu, Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Timur itu juga mengimbau perayaan Harkitnas tidak hanya diisi dengan seremonial atau lomba fisik, tetapi juga harus menyertakan rasa kebersamaan, seperti lomba sejarah desa.

“Sering kali Harkitnas kita lakukan dengan seremonial dan lomba, tapi lomba fisik tidak yang berorientasi kepada ekspresi kembali kepada rasa kebersamaan,” pungkasnya. (nia/set)