oleh

Kunjungi Ponpes, PDIP Jombang Minta Masukan Para Kiai

JOMBANG – Jajaran pengurus DPC PDI Perjuangan Kabupaten Jombang bersilaturahmi ke Pondok Pesantren (Ponpes) Tebuireng, kemarin malam.

Di pesantren yang didirikan Hadratus Syaikh Hasyim Asy’ari, pengurus DPC PDIP Jombang ditemui KH Salahuddin Wahid atau Gus Solah, pengasuh Ponpes Tebuireng.

Selain Gus Solah, KH Abdul Hakim Mahfud atau Gus Kikin yang juga pengurus Ponpes Tebuireng, ikut menemui pengurus DPC PDIP Jombang.

Sebelum diterima di ‘dalem kasepuhan’, pengurus PDIP Jombang yang dipimpin ketuanya, H Marsaid, mengikuti Salat Magrib berjamaah di pesantren yang masuk wilayah Kecamatan Diwek tersebut.

Selama silaturahmi, Gus Solah banyak memberikan wejangan kepada para pengurus PDIP. Menurutnya, PDI Perjuangan merupakan partainya rakyat, sehingga orientasi yang dibangun juga harus memperjuangkan kepentingan rakyat.

Mantan Wakil Ketua Komnas HAM ini lantas membeber sejumlah kepala daerah yang berangkat dari PDIP dan cukup sukses menjalankan program pemerintahannya.

Di antaranya, Bupati Kulon Progo Hasto Wardoyo, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini, dan Bupati Banyuwangi Azwar Anas.

Menurut adi kandung Presiden ke-4 RI KH Abdurrahman Wahid ini, para kepala daerah tersebut mampu menjalankan program yang betul-betul bisa bermanfaat bagi rakyat.

“Bahkan Pak Azwar Anas bisa meningkatkan pendapatan per kapita masyarakat Banyuwangi. Nah, mereka itu bisa dijadikan contoh,” kata Gus Solah.

Dia menambahkan, sudah seharusnya PDI-P menjadi kekuatan politik yang berperan besar untuk kepentingan rakyat. Peran itu semisal mengentaskan kemiskinan.

Termasuk juga memperhatikan pondok pesantren sebagai lembaga yang ikut mencerdaskan masyarakat. “Jadi kehadiran PDIP harus benar-benar bermanfaat bagi rakyat,” tambahnya.

Sedang Marsaid mengucapkan terima kasih atas masukan yang disampaikan Gus Solah. Menurutnya, silaturahmi ke pondok pesantren ini untuk memperoleh masukan dari para kiai.

“Hasil dari silaturrahim kepada kiai di pesantren akan kita godok menjadi program. Termasuk soal pesantren,” ujar Marsaid.

Silaturahmi ini, imbuhnya, akan terus dilakukan PDIP Jombang. Setelah dari Tebuireng, pihaknya akan mengunjungi pesantren lain di Jombang. (goek/*)