oleh

Ketika Ketua dan Sekretaris DPD Jatim Bukber di Lokasi Terdampak Gempa

-Headline, Milangkori-138 kali dibaca

LUMAJANG – Tak hanya datang memberikan bantuan untuk korban gempa, Ketua dan Sekretaris DPD PDI Perjuangan Jawa Timur, Kusnadi SH MHum dan Dr Sri Untari Bisowarno serta sejumlah kader Partai menggelar bukber (berbuka puasa bersama) di lokasi terdampak gempa di Lumajang, Minggu (18/4/2021) petang.

Sejak siang hingga petang, para pengurus Partai berada di sejumlah lokasi terdampak gempa di Kabupaten Lumajang. Siang hari di Desa Tamanayu Kecamatan Pronojiwo. Semantara petang hari, rombongan berada di Desa Kaliuling Kecamatan Tempursari. Di titik kedua ini, Kusnadi dan Sri Untari bersama sejumlah kader dan warga berbuka puasa bersama .

“Ini sedang berbuka puasa bersama di tenda (posko bencana),” kata Sri Untari Bisowarno dalam pesan singkatnya.

Dalam bukber itu, Kusnadi dan Sri Untari didampingi Kepala Badan Penanggulangan Bencana (Baguna) DPD PDI Perjuangan Jatim, Agus Wicaksono. Tampak pula kader-kader Partai dari DPC setempat di antaranya Ketua DPC Lumajang, Sholikin dan anggota DPRD Lumajang, Mustainul Umam.

Berbuka puasa bersama warga di tenda pengungsian dimaksudkan untuk menguatkan suasana kebatinan para korban gempa. Dampak gempa menyebabkan korban jiwa serta kerusakan bangunan rumah-rumah warga, sedikit banyak mempengaruhi kondisi psikis warga.

Di Tamanayu, kerusakan bangunan rumah warga mencapai ratusan sedangkan fasilitas umum mencapai puluhan. Menurut Sri Untari, berdasarkan data terbaru dari pihak desa per hari ini, jumlah kerusakan bangunan rumah warga dari lima dusun yang ada di desa ini mencapai angka 433 rumah. Sebanyak 56 rumah katagori rusak berat, 89 sedang, dan 266 ringan.

“Untuk kerusakan pada fasilitas umum, jumlah totalnya sebanyak 22 meliputi tempat ibadah dan fasilitas umum,” kata perempuan yang juga tercatat sebagai Ketua Umum Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) ini.

Baca Juga: Kunjungi Lumajang, Kusnadi Pastikan Korban Gempa Dapat Bantuan

Pada kedatangannya ini PDI perjuangan memberikan bantuan berupa 550 paket sembako, 50 sak semen, serta uang duka untuk keluarga korban yang meninggal. Semen untuk tempat ibadah, yakni untuk 3 masjid dan 1 gereja.

“Kami keluarga besar PDI Perjuangan Jawa Timur turut prihatin atas bencana yang menimpa saudara-saudara sekalian. Sedikit bantuan dari kami dengan segala upaya yang kami miliki,” ucap Kusnadi. (dny/hs)

Komentar