oleh

Kepercayaan Rakyat Terhadap Pemerintah RI Tertinggi di Dunia

MALANG – Gallup World Poll (GWP) lembaga survei internasional menempatkan Indonesia di nomor satu dalam hal tingkat kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah.

Kepada wartawan saat Rakernas Apeksi 2017 di Malang, kemarin, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, bahwa Gallup World Poll bukan lembaga yang ecek-ecek.

Menurut Jokowi, lembaga ini punya kredibilitas, dan sebanyak 80 persen responden sepakat menempatkan Indonesia diperingkat pertama di susul Swiss dan India dengan 73 persen.

Negara-negara maju yang tergabung dalam tergabung dalam OECD (Organisation for Economic Co-operation and Development) berada di bawah Indonesia. Mulai dari Amerika Serikat (30 persen), Inggris (31 persen), Jerman (55 persen), dan Perancis (28 persen).

Momentum kepercayaan seperti ini, lanjut Jokowi, harus dipakai, karena ada kepercayaan yang diberikan kepada pemerintah.

“Ini harus dipakai. Jangan yang dimunculkan adalah pesimisme, nyinyir-nyinyir. Kepercayaan itu sudah jelas di dalam survei kok, mestinya yang kita munculkan adalah sebuah optimisme bahwa negara ini ke depan akan bisa lebih baik,” kata Jokowi.

Sementara itu, sesuai hasil survei Polling Center bersama Indonesia Corruption Watch (ICW), masyarakat menganggap KPK dan Presiden Joko Widodo sebagai pihak yang dipercaya dalam menjalankan agenda pemberantasan korupsi.

Hasil survei tersebut menyebutkan, 86 persen responden percaya KPK dan Presiden.Sementara partai politik dan DPR mendapat 35 persen dan 51 persen tingkat kepercayaan publik.

Peneliti ICW Febri Hendri mengatakan, masyarakat masih memandang Jokowi sebagai sosok yang bersih dari korupsi, tegas dan berkomitmen.

“Saya menilai itu hal yang wajar karena figur Jokowi yang dikenal bersih dari korupsi, tegas dan berkomitmen. Akhir-akhir ini juga dia seringkali bicara keras mengenai pungli,” ujar Febri saat menggelar konferensi pers di kawasan Thamrin, Jakarta Pusat, kemarin.

Pada kesempatan yang sama, Peneliti dari Polling Center Henny Susilowati mengatakan, tingginya kepercayaan masyarakat terhadap KPK disebabkan lembaga tersebut berhasil menjerat banyak pelaku korupsi.

“KPK sebagai lembaga yang dipercaya masyarakat untuk menjadi garda terdepan melawan korupsi. Masyarakat pun optimistis tentang keseriusan pemerintah untuk melawan korupsi,” kata Henny.

Survei antikorupsi Polling Center dan ICW dilaksanakan dalam periode April dan Mei 2017 di 34 provinsi, 177 Kabupaten/Kota dan 212 desa/kelurahan.

Total responden berjumlah 2.235 orang. Survei tersebut menggunakan teknik sampling multistage random sampling dengan probability proportional to size, di mana jumlah sample tiap provinsi disesuaikan secara proporsional dengan jumlah penduduknya.

Dengan jumlah sampel sebesar itu dan tingkat kepercayaan 95 persen, maka diprediksi margin of error sekitar 2,1 persen. (goek)