oleh

Kanang Terapkan Kota Ngawi jadi Zona Bermasker

NGAWI – Bupati Ngawi Budi Sulistyono bakal bersikap tegas agar wilayahnya tak terpapar wabah virus Corona (Covid-19). Mulai Selasa (7/4/2020), dia menerapkan Kota Ngawi menjadi kawasan atau zona wajib memakai masker.

“Mulai besok akan kita terapkan zona atau kawasan bermasker bagi semuanya tanpa kecuali lagi baik pengendara motor maupun mobil. Ini harus ditaati bersama karena situasinya sudah darurat dari sebaran virus corona,” tandas Budi Sulistyono, Senin (6/4/2020).

Sebagai awal kebijakan zona bermasker, bupati yang akrab disapa Kanang ini bakal menyediakan 5 ribu masker dibagikan secara cuma-cuma. Masker tersebut diambil dari para pengrajin rumahan atau home industri khususnya dari kalangan penjahit lokal.

Baca juga: Jokowi: Keluar Rumah, Wajib Pakai Masker!

Untuk kawasan zona bermasker di seluruh jalan protokol Kota Ngawi. Meliputi Jalan A.Yani, Jalan PB. Sudirman, Jalan Sukowati dan seluruh jalan masuk kota.
Sehingga semua pintu masuk menuju Kota Ngawi baik dari arah Paron, Mantingan, Geneng, Karangjati dan Bojonegoro warga yang melintas diwajibkan memakai masker.

Langkah kedua, beber Wakil Ketua Bidang Kehormatan Partai DPD PDI Perjuangan Jawa Timur ini, apabila di hari kedua dan ketiga masih ditemukan warga yang belum bermasker dipersilakan putar balik sampai memakai masker kembali.

Jika hari berikutnya masih bandel juga tidak mengindahkan dari zona bermasker maka akan dilakukan tindakan tegas oleh petugas.

“Untuk menerapkan pemakaian masker kita memperbolehkan APBDes atau belanja anggaran desa dipakai untuk pengadaan masker. Hal itu dilakukan jangan sampai penyebaran virus Corona terus terjadi meskipun Ngawi belum ada satupun pasien positif virus Corona,” ujarnya.

Sementara itu, DPC PDI Perjuangan Ngawi mendukung ketetapan wajib bermasker untuk seluruh warga, dengan menyiapkan ribuan lembar masker yang akan dibagi gratis.

“Kami dibantu DPD Jatim seribu lembar masker kain dan dari Baguna PDIP juga menyiapkan lima ribu lembar, itu semua akan kita bagikan gratis pada masyarakat,” ujar Sekretaris DPC PDIP Ngawi Yuwono Kartiko.

Ketua DPC PDIP Ngawi Dwi Rianto Jatmiko juga minta seluruh masyarakat agar bekerjasama dan mematuhi social distancing serta ikut berusaha mempertahankan posisi Ngawi yang masih zero positif Corona. (goek)