oleh

Jelang Piodalan, Komunitas Juang Binaan DPC Lumajang Gelar Kerja Bakti Bersihkan Pura

-Milangkori-56 kali dibaca

LUMAJANG – Komunitas juang binaan DPC PDI Perjuangan Kabupaten Lumajang, Gerakan Masyarakat Peduli Tanah Air (GEMPITA) menggelar kerja bakti di Pura Mandara Giri Semeru Agung, Sabtu (19/6/2021). Kegiatan dilaksanakan untuk menyambut acara Piodalan.

Pembina GEMPITA, H Bukasan SPd, menjelaskan, Piodalan merupakan sebuah ritual upacara keagamaan Hindu yang dikenal sebagai peringatan hari lahirnya sebuah Pura. Diketahui, perayaan Piodalan di Pura Mandara Giri Semeru Agung akan dilaksanakan pada Kamis (24/6/2021).

“Ini salah satu kegiatan di luar kelembagaan (partai). Artinya, ini murni kegiatan komunitas juang bersama masyarakat Hindu dalam menyambut dan persiapan Piodalan ini,” ujar Bukasan, yang juga Wakil Ketua DPRD Lumajang.

Bukasan mengatakan, kegiatan tersebut sebagai bentuk penerapan sila Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika.

“Meskipun ini hajat masyarakat Hindu, tapi kami yang muslim juga membantu serta bergotong royong bersama mereka guna menyukseskan acara tersebut,” imbuhnya.

Tak hanya kerja bakti, pihaknya juga memberikan bantuan berupa paket sembako kepada masyarakat yang hadir. Menurut Bukasan, pemberian tersebut sebagai bentuk kepeduliannya kepada masyarakat Hindu serta perayaan Piodalan tersebut.

“Tidak banyak, tapi mudah-mudahan bantuan dari kami ini bisa bermanfaat bagi mereka,” tambah Bukasan yang juga Sekretaris DPC PDI Perjuangan Lumajang.

Lebih lanjut Bukasan mengatakan, kegiatan tersebut juga dilaksanakan bersama komunitas juang lainnya, yakni Pencak Organisasi (PO). Ia menginginkan, PO juga dapat bergerak di bidang sosial dan berkolaborasi dengan komunitas juang PDI Perjuangan lainnya.

“Kami ingin bahwa PO ini tidak hanya bisa dalam urusan bela diri dan seni saja. Tapi bagaimana PO ini juga bisa bergerak dalam urusan sosial dan kemanusiaan,” tutup Bukasan, yang juga Sekretaris Jenderal PP Pencak Organisasi. (ndy/hs)