Ini, Imbauan Ketua DPRD Surabaya bagi Warga yang Bakal Mudik Lebaran

Loading

SURABAYA – Ketua DPRD Kota Surabaya Adi Sutarwijono mengimbau masyarakat menjalani vaksinasi Covid-19 ketiga atau booster sebelum melakukan mudik Lebaran Idul Fitri 1443 Hijriah.

Menurut Adi, vaksin booster sangat penting bagi pemudik di masa pendemi yang belum sepenuhnya berakhir ini. Vaksinasi, kata dia, akan membentuk sistem kekebalan tubuh untuk mengurangi risiko penularan serta mengurangi dampak berat dari virus.

“Kita terus mensosialisasikan vaksinasi di Puskesmas terdekat. Sebagaimana imbauan dari Presiden, agar pemudik harus vaksinasi dosis booster terlebih dahulu,” kata Adi Sutarwijono di gedung DPRD Surabaya, Rabu (27/4/2022).

Dia menyebut, momentum Lebaran kali ini pelonggaran bisa diberlakukan lebih luas ketimbang tahun lalu. Meski demikian, dia pihaknya minta warga Surabaya yang akan mudik Lebaran tetap taat terhadap protokol kesehatan (prokes).

“Dua tahun masyarakat tidak mudik, jadi tolong tetap taat prokes secara ketat, baik perjalanan, maupun sampai tujuan,” imbaunya.

Legislator yang juga Ketua DPC PDI Perjuangan Surabaya ini juga menyebutkan, selama Idul Fitri pihaknya dan Pemerintah Kota Surabaya akan memantau pergerakan masyarakat agar tetap mematuhi prokes.

Selama Lebaran, kata Adi, Puskesmas, rumah sakit, dokter dan tenaga kesehatan (nakes) tetap beroperasi.

“Jadi, rumah sakit tetap disiagakan apabila ada hal yang mendesak di masa Lebaran. Juga aparatur TNI dan Polri harus disiapkan penjagaan keamanan Kota Surabaya supaya tidak terjadi gangguan keamanan kriminalitas yang berdampak pada gangguan suasana Lebaran,” beber Awi, sapaan akrab mantan wartawan ini. (goek)