oleh

Ini, Ajakan Puti untuk Ibu-ibu Posyandu Mojokerto

-Berita Terkini-10 kali dibaca

MOJOKERTO – Mendongeng bisa jadi media pemicu kecerdasan anak-anak. Anjuran menggunakan media edukasi bagi anak sejak usia dini tersebut disampaikan Calon Wakil Gubernur Jawa Timur Puti Guntur Soekarno di depan puluhan ibu-ibu Posyandu Delta, Desa Ngabar, Kecamatan Jetis, Kabupaten Mojokerto, Selasa (6/3/2018).

“Perempuan hebat ketika membuat keadaan rumah tangga menjadi aman, dan anak-anak sehat dan cerdas baik rohani maupun jasmani,” kata Puti.

Puti mengajak para ibu mendongeng ketika buah hatinya bersiap tidur. Tidak perlu yang sulit. Para ibu bisa menceritakan cerita rakyat, baik legenda di daerah setempat atau juga cerita sejarah dan perjuangan para pahlawan Indonesia.

Misalnya, di Mojokerto sendiri kaya akan sejarah penting bagi Indonesia. Bahkan di kabupaten ini, dulu pernah menjadi pusat pemerintahan yaitu Kerajaan Majapahit.

“Supaya anak-anak kita tidak lupa dengan sejarah kita, maka dongeng akan kebesaran kerajaan Majapahit harus diceritakan kepada anak-anak sejak usia dini,” ujarnya.

Juga dari sisi rohani, Puti juga mengajak para ibu yang memiliki bayi, membacakan kitab suci sambil menggendongnya.

Sementara, ketika dewasa, orang tua tetatp hari memberikan nasihat-nasihat yang baik. Dengan ini, diharapkan dapat melahirkan anak-anak yang patuh kepada agama, orang tuanya dan cinta bangsanya.

Pada kesempatan itu, Puti juga mengenalkan program pasangan Cagub-cawagub Saifullah Yusuf-Puti Guntur Soekarno, yakni Dik Dilan (Pendidikan Digratiskan Berkelanjutan).

Dalam program ini diharapkan anak-anak Jawa Timur dapat mencicipi jenjang pendidikan hingga 12 tahun atau setingkat SMA/SMK.

“Pak Jokowi sudah menjalankan target 9 tahun belajar dan tugas kami kelak ketika terpilih nanti memastikan agar generasi menikmati program 12 tahun belajar. Jangan sampai ada anak putus sekolah,” paparnya.

Di sela pertemuan, Puti mendapat pertanyaan yang mengejutkan. “Bu Puti, apa rahasianya awet muda?” tanya seorang ibu.

Sontak pertanyaan ini mengundang tawa para ibu-ibu yang hadir. “Pasti kalau ngumpul dengan ibu-ibu, sering ditanyai begini,” jawab Puti sambil menahan tawa.

Puti lantas  menceritakan, dirinya memiliki dua anak. Anak pertamanya, berumur 18 tahun dan duduk di bangku kuliah. Sementara anak keduanya sekarang menginjak SMP. “Jadi sebenarnya saya ini sudah tua,” tuturnya.

Banyak ibu-ibu lainnya juga ingin tahu rahasia awet muda wanita berumur 47 tahun ini. Cucu proklamator kemerdekaan RI Soekarno ini kembali menjawab pertanyaan itu.

“Rahasia saya biar awet muda, yaitu selalu tersenyum. Kapan pun tersenyum. Kalau berantem dengan bapak-bapaknya, tetap senyum. Jadi waktu bapak-bapaknya marah terus kita senyumin, biar tidak jadi marah,” seloroh Puti mengundang tawa hadirin.

Perempuan, imbuh Puti, punya peran penting menjadi tiang bagi keluarganya dan anak-anaknya. Ibu rumah tangga memiliki pekerjaan yang sangat mulia. Sebagai sesama perempuan, punya rasa empati yang sama sebagai ibu.

“Setiap pagi, pasti membangunkan dan membuat sarapan untuk anak-anak kita. Mau setinggi apapun jabatan kita, urusan rumah tangga nomor satu,” tuturnya. (goek)