Hadiri Simulasi Nyoblos KPU Ngawi, Wabup Antok Ingatkan Penyelenggara Rutin Sosialisasi Tata Cara Pungut Suara

Loading

NGAWI – Wakil Bupati Ngawi, Dwi Rianto Jatmiko mengikuti simulasi coblosan yang diselenggarakan oleh KPU Kabupaten Ngawi. Di lokasi TPS simulasi itu, Wabup Antok berpesan agar penyelenggara tidak jemu menginformasikan perihal tata cara pemungutan suara, pada Rabu (24/1/2024).

Selaiknya sedang memungut suara, tiba di TPS simulasi Desa Watualang, Wabup Antok mengikuti step by step pemungutan suara. Dimulai dengan menyerahkan formulir C-Pemberitahuan, menerima 5 lembar surat suara, mencoblos di bilik suara, hingga mencelupkan jari kelingking di bak tinta. Saat simulasi coblosan itu, Wabup Antok dapat giliran pertama.

Wabup Antok memuji pelaksanaan simulasi coblosan yang diselenggarakan oleh KPU Ngawi. Menurut dia, simulasi itu menunjukan kesiapan penyelenggara pemilu hingga di tingkat TPS, telah siap melayani pemilih pada Pemilu 2024, 14 Februari mendatang.

“Kegiatan simulasi seperti ini juga untuk menjamin daripada kesiapan, dan kecakapan penyelenggara pemilu pada hari pemilihan nanti,” kata Wabup Antok kepada awak media.

Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Ngawi itu menuturkan, model pelatihan nyoblos melalui simulasi hendaknya dilakukan secara massif. Masyarakat pemilih harus diberikan pemahaman yang utuh mengenai tata cara menyoblos. Hal itu berkaitan dengan tingkat kesulitan saat pemilih menyalurkan hak suaranya, dan menjamin terlaksananya hak politik masing-masing.

“Masyarakat butuh sosialisasi terkait tata cara menyoblos. Dimana hal itu menjadi saluran hak politik masyarakat,” terang Wabup Antok.

Lebih lanjut, Wabup Antok menyampaikan, pihaknya mengimbau agar KPU Kabupaten Ngawi terus membangun sinergitas dengan pemerintah daerah, hingga jajaran TNI/Polri. Itu untuk memastikan pelaksanaan Pemilu hingga tataran TPS dapat berlangsung dengan lancar.

Wakil Bupati Ngawi Dwi Rianto Jatmiko juga menyampaikan, dari 2.754 TPS di seluruh Kabupaten Ngawi telah siap untuk melaksanakan tahapan pungut dan hitung suara pada Pemilu 2024 mendatang. (amd/hs)

Tinggalkan Balasan