ER Tetap Menjaga Kedekatan dengan Rakyat

pdip jatim - ER memotretBATU – Wali Kota Batu Eddy Rumpoko (ER) punya beragam cara untuk menjaga kedekatan dengan rakyatnya. Dia tak sungkan berbaur dan menyatu dengan rakyat. Momen peringatan HUT Kemerdekaan RI ke 69 pun tak luput jadi ajang untuk berbagi kecintaan pada warga Batu.

Serangkaian kegiatan yang melibatkan partisipasi masyarakat Batu pun dihelat selama Agustus 2014. Salah satu yang menarik yaitu aksi ratusan siswa TK yang berkreasi dengan barang bekas dalam karnaval Rabu (13/8/2014) lalu. Para siswa pun beradu kreatif mulai dari kantong plastik yang dijadikan bunga dan kupu-kupu, hingga koran bekas yang dijadikan baju.

“Tidak ada juara, ini wadah untuk memacu anak-anak berkreasi, ” terang Eddy Rumpoko.

Selain itu, pada puncak rangkaian upacara peringatan Hari Kemerdekaan RI di Stadion Brantas, Minggu (17/8/2014) Eddy mengajak 1.000 siswi-siswi SD se-Kota Batu untuk unjuk kebolehan dengan menggelar aksi tari kolosal bertajuk Manggala Kridha Pertiwi.

Usai upacara, para veteran bersama masyarakat diajak melakukan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan Jl Suropati, Batu. Menariknya, selesai tabur bunga, Eddy yang masih berpakaian kebesaran wali kota itu jadi juru foto mendadak. Dia berfoto bersama dengan puluhan siswa siswi yang mengenakan baju Pramuka.

Eddy kemudian berganti posisi jadi juru foto bagi anak-anak itu. “Ya mengabadikan moment anak-anak ini lho. Seru juga jadi tukang foto,” katanya sambil tersenyum.

Foto itu akan ia simpan sebagai kenang kenangan bersama anak-anak pramuka Kota Batu. “Ini kan saya foto pakai HP. Ya tetap disimpan sebagai kenangan,” ujar wali kota yang juga Wakil Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Timur itu.

Setelah tabur bunga, Eddy kemudian menjamu para veteran pejuang itu makan bersama di rumah dinas wali kota. Ada yang menarik di acara ramah tamah ini, pembawa acara meminta beberapa anggota veteran untuk mengucapkan beberapa kalimat menggunakan bahasa Belanda dan Jepang. Para veteran pun fasih mengucapkan dua bahasa itu. Suasana pun menjadi makin akrab.

Untuk menghormati para veteran ini, Eddy berjanji akan membangunkan sekretariat bagi mereka. Di Kota Batu, ada sekitar 200 veteran. “Itu bakti kami untuk pejuang,” kata Eddy.

Sepulang dari balai kota, para veteran mendapat paket berisi di antaranya baju batik dan dana insentif dari Pemkot Batu. (sa)