oleh

DPC Kabupaten Probolinggo Gelar Rapat Diperluas, Bahas Strategi Kejar Target 10 Kursi

-Pemilu-105 kali dibaca

KABUPATEN PROBOLINGGO – DPC PDI Perjuangan Kabupaten Probolinggo menginstruksikan seluruh kader untuk tegak lurus dan satu komando. Tak hanya itu, guna menguatkan target menang, kader juga diminta siap menggunakan sistem KomandanTe Stelsel dalam menghadapi Pemilu 2024.

KomandanTe Stelsel ini adalah hasil dari perenungan pikir atas apa yang diajarkan Bung Karno, lantas lahirlah kesadaran, bahwa sistem pemilu elektoral harus disesuaikan dengan spirit zaman tanpa menghilangkan marwah jati diri Partai sebagai anak Ideologis Bung Karno.

“KomandanTe Stelsel ini adalah sistem yang mengadopsi nilai kegotong royongan sesuai konsepsi Bung Karno yang diaktualisasikan pada Pileg. Atas hal itu, mari kita gotong royong menggunakan konsep ini terutama dalam menghadapi Pemilu 2024” jelas Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Probolinggo, Edy Susanto saat membuka rapat diperluas pada Sabtu (30/7/2022) pagi.

Edy menjelaskan, kenapa memilih elektoral berbasis gotong royong atau Komandante Stelsel, sebab yang dilaksanakan mulai Pemilu Tahun 1999 sampai dengan saat ini partainya masih terbawa arus elektoral berbasis individualisme.

Ia menilai, partai harus punya cara tersendiri sehingga perlu melakukan langkah-langkah untuk internal partai mengikuti ajaran Bung Karno. Karena basis gotong royong sebagai langkah untuk menentukan strategi ke depan.

“Jadi individualisme pemilu terbuka adalah pemilu negara liberal. Sedangkan Komandante Stelsel sintesanya sudah dilakukan di Jawa Tengah dan itu berhasil secara maksimal perolehan kursinya, baik kabupaten atau kota maupun provinsi,” tegas Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kabupaten Probolinggo itu.

Pihaknya optimistis, melalui konsep KomandanTe Stelsel atau gotong royong target 10 kursi di legislatif bisa terealisasi. Tentunya, dengan solidnya 3 pilar partai.

Sehingga, pada kesempatan tersebut pihaknya mengumpulkan PAC, termasuk badan dan sayap. Dengan harapan, bisa diimplementasikan dengan baik terutama menghadapi Pemilu 2024.

Pada rapat tersebut, kader tak hanya dibekali bagiamana formula KomandanTe Stelsel, namun juga diberi paparan hasil rakernas, pemaparan BSPN dan peta politik. (drw/hs)