oleh

Dewanti Rumpoko Sambangi Diklat Koperasi BPEK Jatim

pdip-jatim-dewanti-pelatihan-koperasiBATU – Calon Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko mengunjungi acara Pendidikan dan Pelatihan Koperasi yang  digelar Badan Pemberdayaan Ekonomi Kerakyatan (BPEK) DPD PDI Perjuangan Jatim di Hotel Kemboja Batu, Jumat (7/10/2016).

Jago PDI Perjuangan dalam Pilkada Kota Batu 2017 ini, dalam sambutannya mengatakan, koperasi bisa menjadi penopang utama perekonomian rakyat jika dikembangkan dengan serius. Untuk itu diperlukan orang-orang yang memahami dan berkecimpung dalam kegiatan ekonomi kerakyatan.

“Terus menjalin kerjasama dengan kelompok-kelompok UMKM maupun profesional pelaku-pelaku usaha. Ini untuk memperluas wawasan dan meningkatkan pengetahuan terutama di bidang perkoperasian,” pesan Dewanti kepada perserta.

Sebelumnya, Sekretaris DPD Jatim Sri Untari Bisowarno dalam sambutannya membuka acara diklat mengatakan, acara digelar untuk membentuk koperasi yang benar. “Diklat untuk menyiapkan pengurus-pengurus yang bisa membentuk koperasi sejati. Bukan koperasi pedati atau koperasi merpati,” kata Sri Untari Bisowarno.

Koperasi sejati, jelas Sri Untari, adalah koperasi yang dibentuk dan dikelola berdasarkan filosofi, dasar, dan prinsip-prinsip koperasi. “Koperasi sebagai usaha bersama, dijalankan bersama-sama. Hasilnya, semua buat semua ” kata perempuan peraih Satya Lencana Wira Karya bidang koperasi tahun 2015 dari Presiden Jokowi ini.

Sementara koperasi pedati, lanjut Sri Untari yang pernah dinobatkan menjadi 10 tokoh koperasi Jawa Timur, adalah koperasi yang terus menerus membutuhkan dorongan modal dari pihak lain. Sedangkan koperasi merpati, koperasi yang tiba tiba ada dan tumbuh menjamur ketika ada modal dikucurkan.

“Ke depan jangan menjadi koperasi pedati atau merpati,” tegas Sri Untari. (hs)