oleh

Dewanti Apresiasi Kali Tematik Sekarputih Karena Ini

-Eksekutif-51 kali dibaca

BATU – Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko kembali mengunjungi Desa Pendem, Kecamatan Junrejo, Kota Batu, Sabtu (12/6/2021). Selain meninjau Sungai Sekarputih sebagai Kali Tematik, Dewanti juga menyerahkan surat keputusan kelompok masyarakat (pokmas) yang dibentuk warga setempat.

Sungai Sekarputih di desa tersebut yang dijadikan sungai/kali tematik ini digagas oleh Politeknik Angkatan Darat (Poltekad) dan Warga Dusun Sekarputih yang didukung Komunitas Sabers Pungli (Sapu Bersih Sampah Nyemplung Kali).

Dalam kunjungannya, Dewanti didampingi Wakil Wali Kota yang juga Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Batu Punjul Santoso dan Ketua DPRD Asmadi.

Program Kali Tematik tujuan utamanya untuk mengembalikan fungsi sungai di wilayah ini. Program itu untuk mendukung lingkungan lebih indah sekaligus mewujudkan Desa Berdaya Kota Berjaya.

Dewanti menjelaskan bahwa, Pemerintah Kota Batu selalu aktif mengadakan kegiatan-kegiatan yang berorientasi kepada kelestarian lingkungan. Contohnya, beberapa waktu yang lalu Pemkot juga telah melaksanakan penebaran benih ikan di sungai ini.

“Kota Batu wilayahnya merupakan hulu Sungai Brantas. Nah yang mendapat rezeki adalah Desa Pendem yang area persawahannya luas. Sehingga desa ini bisa menjadi lumbung pangan di Kota Batu,” kata Dewanti Rumpoko.

Menurutnya, berbagai upaya yang dilakukan untuk menjaga kelestarian lingkungan hidup di Kota Batu ini, semata-mata bertujuan untuk melindungi generasi-generasi penerus bangsa ke depannya.

Wakil Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Timur tersebut juga berharap kegiatan pelestarian dan pengawasan terhadap kegiatan lingkungan berjalan seimbang.

“Saya berharap, setelah menanam pohon juga diawasi agar bisa tumbuh dengan baik. Seperti yang dilakukan saat ini, adalah apa yang telah kita lakukan beberapa waktu lalu,” imbuhnya.

Dewanti mengapresiasi dan berterima kasih atas kerja sama Poltekad, Sabers Pungli dan komunitas-komunitas lainnya yang telah menginisiasi terselenggaranya kegiatan peduli lingkungan tersebut.

Dalam kegiatan ini, Dewanti bersama rombongan melakukan kegiatan senam bersama dan memantau aliran sungai yang beberapa waktu lalu telah ditebari benih ikan.

Bersama Punjul Santoso, Dewanti juga menyerahkan bantuan alat bor tanah untuk lubang biopori.

Komandan Poltekad, Nugraha Gumilar mengatakan, kegiatan ini diharapkan bisa mengangkat nama Desa Pendem menjadi salah satu rujukan wisata di Kota Batu.

“Di sini ada beberapa tujuan, kali tematik, perpustakaan, senam. Ini menarik, juga jadi edukasi bagi masyarakat sekitar,” terangnya. (ace/pr)