oleh

Delegasi LDP Jepang Kenakan Batik, Sekjen PDIP Merasa Terkesan

-Berita Terkini, Kronik-13 kali dibaca

JAKARTA – Pimpinan Partai Liberal Demokratik (Liberal Democratic Party/LDP) Jepang bertemu dengan para sekjen parpol pendukung pemerintahan Presiden dan Wakil Presiden Joko Widodo (Jokowi)-Jusuf Kalla (JK).

Pertemuan khusus tersebut digelar di kantor DPP PDI Perjuangan di Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (18/1/2018).

Ada lima perwakilan dari LDP yang berkunjung ke kantor DPP PDIP. Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengatakan, kunjungan ini dalam rangka meningkatkan kerja sama antara Indonesia dan Jepang, juga memperingati 60 tahun hubungan Indonesia-Jepang.

“Kami di sini bersama seluruh partai politik. Kami kemarin melaporkan pertemuan ini dengan Pak Jokowi (Presiden Joko Widodo) dan dia sangat mengapresiasi ini,” kata Hasto.

Pihaknya menyambut baik kedatangan delegasi LDP. Apalagi, ada hal yang membuatnya terkesan, yaitu para delegasi mengenakan batik.

“Ini kami surprise (terkejut), karena bapak-bapak semua datang ke sini dengan batik-batik,” ujarnya.

Sementara itu, anggota parlemen Jepang sekaligus Wakil Sekjen LDP, Miyauchi Hideki mengungkapkan perasaan senangnya bertemu dengan para sekjen parpol pendukung pemerintahan Jokowi-JK.

“Senang bertemu dengan kader-kader pendukung kabinet Presiden Jokowi,” ujarnya.

Kedatangan delegasi ini disampaikan Hideki dalam rangka memperingati 60 tahun hubungan diplomatik kedua negara.

Kedatangan mereka atas perintah dari Sekjen LDP, Toshohiro Nikai di mana rencananya Nikai akan menyusul rombongannya ke Indonesia. Mereka ingin mempelajari Indonesia dan berniat menjalin persahabatan politik.

Hideki mengaku baru pertama kali berkunjung ke Indonesia. Ia pun mengaku senang berada di negara ini dan menikmati energi serta suasananya.

“Saya beli batik dua. Saya merasa sudah menjadi orang Indonesia,” ujarnya.

Dia menjelaskan sejauh ini pertukaran antar warga kedua negara telah berjalan dengan baik. Hal ini ditandai dengan pemberlakuan bebas visa kunjungan antar kedua negara.

“Banyak warga negara Jepang berada di Indonesia dan saya harap persahabatan akan berlanjut di masa mendatang,” harap Hideki. (goek)