Dapat Apresiasi FIFA, Eri Cahyadi Optimis GBT Terus Jadi Venue Internasional

 251 pembaca

SURABAYA – Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi optimistis Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) akan terus dipakai sebagai venue pertandingan nasional dan internasional. Optimisme itu dia ungkapkan usai Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke kawasan GBT, Minggu (18/9/2022).

Sidak FIFA dilakukan mulai dari akses jalan tol menuju ke GBT. Menurut Eri, FIFA takjub dengan penyelesaian pembangunan yang hanya beberapa bulan saja, dan dalam helatan kualifikasi liga sepakbola Asia (AFC) jalan itu bisa dilintasi para tamu dan tim pemain.

“Alhamdulillah tadi FIFA melihat jalan yang masuk ke GBT. Kaget betul FIFA, karena ada jalur yang dari tol, baik jalur yang dari Pelindo, juga jalur dari JLLB (Jalur Lingkar Luar Barat). Mereka mengatakan ini sebenarnya tujuh bulan, delapan bulan dari waktu sidak pertama, tapi sekarang sudah selesai. Begitu luar biasanya Pemerintah Kota Surabaya,” beber Eri di Surabaya, kemarin.

Selain mengapresiasi jalur tol, dalam sidak tersebut FIFA juga memastikan soal informasi aroma kurang sedap dari TPA Benowo yang tercium di Stadion GBT.

“Jadi, FIFA melihat langsung dan sampai mendekati sampah itu, tapi ternyata mereka juga kaget karena tidak ada bau. Tidak ada aroma kurang sedap itu. Mereka kemudian tanya apa saja yang dilakukan oleh Pemkot Surabaya, ya saya jawab apa adanya. Alhamdulillah mereka menyampaikan sangat happy dan merasa luar biasa dengan Kota Surabaya,” ucapnya.

Termasuk, saat FIFA mengecek ruang ganti, lapangan, rumput, dan fasilitas lainnya di Stadion GBT, mereka juga melontarkan apresiasi-nya pada Pemkot Surabaya.

“Matur nuwun (terima kasih) dukungan Pak Sekjen PSSI, karena dengan arahan PSSI, kita bisa menyempurnakan Stadion Gelora Bung Tomo ini, dan tentu ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi arek-arek Suroboyo,” ujar Eri.

Karena itu, wali kota yang juga kader PDI Perjuangan ini optimistis, ke depannya stadion GBT akan terus menjadi tempat pertandingan-pertandingan skala nasional dan internasional.

“Insya Allah ke depan GBT akan menjadi salah satu base camp-nya pertandingan Garuda, Bangsa Indonesia, dan PSSI,” sebutnya.

Pemkot Surabaya sendiri menyiapkan segala perbaikan mulai akses tol, menangani bau sampah, dan kesiapan Stadion GBT untuk persiapan sebagai venue utama pertandingan Kualifikasi Piala Asia U20 2023 yang sudah berlangsung pada 14 sampai 18 September 2022.

Diketahui, Timnas Indonesia lolos ke Piala Asia U-20 setelah menang atas Vietnam 3-2, dalam laga pamungkas Grup F di Stadion GBT, Minggu (18/9/2022) malam .

“Dengan semangatnya arek-arek Suroboyo yang mendukung langsung di lapangan, akhirnya Indonesia berangkat ke Piala Asia U-20 2023. Insya Allah Indonesia juara,” kata Eri, yang turut menyaksikan pertandingan di GBT. (goek)

Tinggalkan Balasan