oleh

Cegah Klaster Sidodowo Meluas, PDI Perjuangan Jatim Turunkan Tim Medis Baguna

-Headline-205 kali dibaca

LAMONGAN – Kasus positif Covid-19 klaster Desa Sidodowo, Kecamatan Modo, Lamongan, menjadi perhatian serius PDI Perjuangan Jawa Timur. Senin (14/6/2021), DPD PDI Perjuangan Jatim menggelar tes swab gratis kepada warga setempat.

Tak hanya tes swab, Tim Medis Badan Penanggulangan Bencana (Baguna) PDI Perjuangan Jatim yang melaksanakan bakti sosial ini juga memberikan bantuan handsanitizer, masker, obat, vitamin, dan sajadah anti Covid-19 untuk warga Desa Sidodowo.

Bantuan obat-obatan juga diberikan kepada Puskesmas Karangpilang, Lamongan, untuk penanganan warga yang positif Covid-19.

Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Timur, Kusnadi SH MHum mengatakan, baksos di Sidodowo ini sebagai bentuk gotong royong Partai mencegah makin meluasnya wabah Covid-19 di Lamongan, dan Jatim pada umumnya.

Data terakhir, total warga positif Covid-19 dari klaster Sidodowo menjadi 263 orang, 13 di antaranya meninggal. Kasus di desa ini sempat menyebar dan ditengarai bermula dari hajatan warga (klaster hajatan).

Menurut Kusnadi, kedatangannya untuk memantau secara langsung situasi terkini perkembangan Covid-19 di Sidodowo.

“Untuk sementara dalam baksos ini yang kami utamakan adalah kesehatannya. Bagi mereka yang positif, kita beri obat, termasuk hand sanitizer dan vitamin. Sementara untuk yang tidak terpapar, kami beri vitamin penguat. Dan untuk yang terpapar kita beri tambahan obat,” terang Kusnadi, di lokasi baksos.

Ketua DPRD Provinsi Jatim ini pun mengingatkan, Covid-19 telah bermutasi dan berkembang dalam varian-varian baru dengan tingkat persebaran yang cukup cepat.

Oleh karena itu, dia menekankan pentingnya masyarakat menjaga kesehatannya masing-masing, meningkatkan kewaspadaan dan menjalankan protokol kesehatan secara ketat.

Menurut Kusnadi, pihaknya akan terus memantau situasi terkini di Kabupaten Lamongan terkait pandemi Covid-19.

Hal itu untuk dapat menentukan langkah apa yang bisa diambil pemerintah baik di tingkat provinsi maupun kabupaten, untuk menurunkan angka persebaran Covid-19 di Kabupaten Lamongan.

Selama baksos di Desa Sidodowo, Kusnadi didampingi Wakil Ketua Bidang Penanggulangan Bencana DPD Perjuangan Jatim, H Agus Wicaksono SSos. Hadir juga Ketua DPC PDIP Lamongan Saim SPd dan Bendahara DPC Fujika Senna Oktavia. (yols/hs)