Cawapres Pendamping Ganjar Mengerucut ke 1 Nama? Hasto: Namanya Sudah Siap Diputuskan

Loading

SURABAYA – Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengatakan nama cawapres pendamping Ganjar Pranowo sudah siap diputuskan.

Hal tersebut disampaikan Hasto saat menjawab pertanyaan wartawan, soal apakah sudah mengerucut ke satu nama bacawapres untuk mendampingi Ganjar Pranowo pada Pemilihan Presiden 2024?

“Ya, namanya sudah siap diputuskan. Keputusan menunggu momentum yang tepat, mohon bersabar,” kata Hasto kepada wartawan di sela Rapat Koordinasi Pemenangan Pileg dan Pilpres Pemilu 2024 Caleg DPR RI dan Kepala Daerah serta Wakil Kepala Daerah se-Jawa Timur di Vasa Hotel Surabaya, Sabtu (14/10/2023).

Baca juga: Hasto Minta Kader PDI Perjuangan Perkuat Akar Rumput Menangkan Ganjar

Kalau nama-nama, jelas Hasto, nanti Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri yang memutuskan, dari nama-nama yang beredar.

“Apakah nama-nama yang selama ini sudah sering disebutkan atau akan muncul nama baru sebagai suatu upaya untuk membangun konsolidasi politik mengingat tantangan bangsa tidak mudah,” sambung Hasto.

Tantangan yang dia maksud, datang dari berbagai aspek. Di antaranya geopolitik, pangan, krisis energi, hingga ketegangan di Timur Tengah yang menyebabkan harga minyak tinggi, serta kepemimpinan yang saling melengkapi dengan Ganjar.

Hal tersebut ditengarai bisa berdampak pada rekonfigurasi dari partai-partai politik menjelang masa-masa pendaftaran.

“Terpenting bagi kita, kami diajarkan PDI Perjuangan, politik itu setia kepada sumbernya, yaitu rakyat. Selama memimpin menyatu dengan rakyat, maka akan ada kekuatan yang mahadahsyat dan itu ada di Pak Ganjar Pranowo. Wakilnya nanti akan diumumkan Bu Mega,” jelasnya.

Dia menyampaikan, PDIP bersama partai koalisi, PPP, Perindo, Hanura, dan tim pemenangan nasional (TPN) tengah menyiapkan element of surprise atau elemen kejutan saat mengumumkan cawapres dari Ganjar.

Ciri-ciri pendamping Ganjar, sebut Hasto, yakni memiliki kepemimpinan, moralitas kepemimpinan, rekam jejak yang baik, pemimpin yang tidak berjarak dengan rakyat, dan juga berprestasi.

“Kami menunggu momentum yang tepat. Yang pasti cawapres Pak Ganjar harus sesuai dengan pribadi Pak Ganjar, dilihat komitmennya serta dilihat kebutuhan problematik dasar bagi bangsa Indonesia,” urainya. (dhani/pr)