oleh

Bisa Jadi Destinasi Wisata, Gus Ipul-Mbak Puti Siap Benahi Pasar Ikan

-Berita Terkini-5 kali dibaca

LAMONGAN – Pasar ikan dengan suasana sehat dan bersih bakal diwujudkan pasangan Calon gubernur-calon wakil gubernur Saifullah Yusuf (Gus Ipul)-Puti Guntur Soekarno jika dipercaya memimpin Jawa Timur.

Komitmen pasangan nomor urut 2 terhadap tempat jual beli ikan laut dan darat itu diungkap Puti saat mengunjungi Pasar Ikan Lamongan, Selasa (20/3/2018).

Mengenakan caping, Mbak Puti blusukan keliling stan-stan penjual ikan. Selama blusukan, dia juga mengenakan sepatu boot karena di beberapa tempat banyak luberan air berbau amis.

“Saya lihat kebersihan lingkungannya kurang sekali. Buangan limbah dari ikan-ikan yang dibersihkan dan hasil lainnya juga dibuang begitu saja,” kata Mbak Puti.

Para pedagang, ungkap Puti, banyak yang mengeluh karena merasa tidak nyaman dengan kondisi pasar. “Kalau pedagang saja tidak nyaman, apalagi dengan pembelinya. Tentu malah tidak nyaman,” tuturnya.

Karena itu, apabila terpilih nanti, Puti ingin merenovasi pasar tradisional menjadi pasar yang sehat, layak, dan ramah terhadap perempuan dan anak.

Puti Guntur juga menyampaikan komitmen pemerintahan dari Gus Ipul dan dirinya yang akan memproteksi dan menguatkan para petani tambak.

“Komitmen itu akan kami laksanakan dengan pembenahan infrastruktur agar lokasi pasar ikan menjadi bersih, dan sehat,” jelas dia.

Pembangunan pasar tradisional ini, lanjut Puti, dimulai dari sanitasi hingga penataan ruang para pedagangnya (zoning). Sehingga pasar ini tidak hanya sebagai pusat transaksi, tapi juga sebagai tujuan wisata.

“Kalau sudah tertata rapi, kami bisa dirikan di sekitarnya seperti restoran yang menunya berbahan baku ikan atau pusat ekonomi olahan lainnya,” tambah Puti.

Sementara itu, terik matahari yang menyengat tidak menyurutkan langkah cucu Bung Karno itu untuk mengelilingi Pasar Ikan. Kunjungan Puti pun membuat suasana pasar yang sedang ramai, makin jadi riuh.

Mereka telah tahu akan kedatangan Mbak Puti yang didampingi kader dan pengurus PDIP Lamongan, serta para relawan.

Selama blusukan, Puti menyalami warga satu per satu. Tidak sedikit yang mengacungkan 2 jari, simbol nomor pilihan Gus Ipul-Puti Guntur Soekarno.

“Saya nanti pilih nomor 2, Mbak Puti. Salam untuk Gus Ipul,” kata Siti Maryam, pedagang ikan. “Terima kasih Bu. Mohon doanya. Nanti saya sampaikan salam Ibu kepada Gus Ipul,” sahut Mbak Puti. (goek)