oleh

Besok, Jokowi Serahkan Adipura Paripurna untuk Surabaya

pdip-jatim-risma-adipuraSURABAYA – Surabaya menyabet penghargaan level tertinggi di bidang lingkungan, yakni Adipura Paripurna. Adipura ketujuh secara berturut-turut untuk Kota Surabaya ini rencananya akan diserahkan secara langsung oleh Presiden RI Joko Widodo di Siak, Pekanbaru, Riau, Jumat (22/7/2016).

Dari empat kategori, yakni kota metropolitan, kota besar, kota sedang, dan kota kecil, Surabaya mendapatkan penilaian terbaik untuk kategori kota metropolitan. “Kita dapat penghargaan terbaik dari ketegori kota metropolitan,” kata Wali Kota Tri Rismaharini, kemarin.

Menurut Risma, menciptakan lingkungan kota yang sehat, bersih, indah dan nyaman lebih utama, ketimbang penghargaan Adipura.

Oleh karena itu, menjadikan kota yang sehat dan menumbuhkan kesadaran bagi masyarakat terkait pentingnya menjaga lingkungan, selama ini jadi prioritas utama jajaran Pemerinrah Kota Surabaya.

“Kalau warganya sehat, lingkungannya bersih dan nyaman itu yang harus dipertahankan. Karena mempertahankan hal seperti ini yang susah. Saya berharap warga Surabaya bisa lebih peduli lagi terdapat lingkungan,” ujarnya.

Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Surabaya Chalid Buchari menambahkan, dengan penghargaan Adipura Paripurna, masyarakat diharapkan semakin bisa meningkatkan kesadaran untuk tetap menjaga kelestarian lingkungan.

“Semua ini juga berkat masyarakat yang terus mewujudkan dan menciptakan lingkungan bersih dan sehat,” kata Chalid.

Pada 2015, Surabaya mendapat penghargaan Adipura Kencana untuk kategori kota metropolitan.

Surabaya dinilai unggul karena mampu menciptakan inovasi, terutama dalam hal pemanfaatan tempat pembuangan akhir sampah menjadi sumber energi (waste to energy). Selain itu, Surabaya dinilai konsisten terhadap kebersihan dan keindahan kota.

Tahun 2016 ini, ada empat penilaian yang membuat Surabaya bisa meraih penghargaan level tertinggi yakni Adipura Paripurna. Yakni, wali kota dan inovasinya, fisik kota, partisipasi masyarakat, dan tempat pembuangan akhir (TPA) sampah. (goek)