oleh

Bertemu Kader PKS, Puti Beber Program Pro-Perempuan dan Anak

-Berita Terkini-46 kali dibaca

TULUNGAGUNG – Cawagub Jatim Puti Guntur Soekarno bertemu dengan elemen perempuan Partai Keadilan Sejahtera (PKS), di aula Lotus Garden, Kelurahan Ketanon, Kecamatan Kedungwaru, Tulungagung, Selasa (27/2/2018) siang.

Kader partai politik pendukung pasangan nomor urut dua itu ingin mendengar langsung dari Mbak Puti, soal program-program yang diusung pasangan Cagub-cawagub Saifullah Yusuf (Gus Ipul)-Puti Guntur Soekarno.

Di depan kader perempuan PKS Tulungagung, Puti mengatakan,  pasangan Gus Ipul-Mbak Puti sudah menyiapkan program-program yang berpihak kepada rakyat, khususnya bagi kaum perempuan dan anak.

Program-program itu disusun setelah mendengar masukan dari elemen masyarakat, serta pemimpin di seluruh kabupaten/kota se-Jatim.

“Kami serap yang baik-baik dari semua elemen, dan setiap pemimpin di kabupaten/kota. Dan akhirnya dari hasil dialog itu kami rangkum dalam berbagai program,” kata Puti.

Cucu proklamator Bung Karno ini lantas membeber program-program pasangan Gus Ipul-Mbak Puti, seperti Dik Dilan atau pendidikan gratis berkelanjutan bagi siswa SMA-SMK, program Seribu Dewi (1.000 Desa Wisata), dan Madin Plus, program untuk meningkatkan kesejahteraan guru-guru madrasah diniyah.

“Kami juga siapkan program Super Star, yakni program pemberdayaan bagi kalangan usaha mikro kecil menengan (UMKM), dan pemberdayaan usaha rintisan (start up). Program ini sangat berpihak kepada potensi ekonomi kreatif bagi anak-anak muda,” ujarnya.

Juga Tampan Sejati, yakni program untuk memberdayakan kaum petani dan nelayan di Jawa Timur agar lebih mapan dan mendongkrak kesejahteraan keluarganya.

Puti juga menyebut program Rembulan Bersinar, yakni program sosial untuk pemuliaan perempuan, anak, dan lansia, memberikan perlindungan kepada anak dan kelompok marjinal melalui sistem pelaporan mandiri.

“Program ini juga memberikan fasilitas pelatihan dan pendampingan kepada kewirausahaan, pendampingan dan konseling kepada pelecehan seksual, kekerasan rumah tangga, lalu pelatihan pengasuhan anak berbasis rumah tangga,” urai Puti.

Ketua DPD PKS Tulungagung Renno Mardiputro yang hadir di acara itu mengatakan, program yang diusung Gus Ipul-Mbak Puti sejalan dengan program PKS.

“Gus Ipul-Mbak Puti ini memiliki program yang sejalan dengan PKS seperti Seribu Dewi (seribu desa wisata) dan Mas Metal (masyarakat melek digital). Nama program gaul pada intinya itu sejalan dengan program kami,” jelas Renno.

Sedang Ketua Bidang Perempuan dan Ketahanan Keluarga DPD PKS Tulungagung, Atik Wijayati, menyatakan kader dan simpatisan perempuan PKS terus bergerilya untuk memenangkan pasangan Gus Ipul-Puti.

“Kami terus sosialisasikan Gus Ipul dan Mbak Puti kepada kader dan simpatisan di bawah,” ujarnya.

Menurut Atik, PKS punya kader yang solid hingga tingkat bawah. Nantinya, para kader itu dikerahkan secara masif hingga tingkat bawah untuk mensosialisasikan program yang diusung Gus Ipul dan Mbak Puti. (goek)