Begini Arahan Plt Bupati Probolinggo untuk Program Prioritas P-APBD 2022

 132 pembaca

KABUPATEN PROBOLINGGO – Sebagai tindak lanjut Rapat Koordinasi (Rakor) Sinergitas Pembangunan Tahun Anggaran 2022 dan 2023 Pemerintah Kabupaten Probolinggo menggelar Rakor Penyampaian Rencana Kegiatan Prioritas pada APBD Perubahan 2022 dan APBD 2023 di Guest House Kraksaan, Senin (14/3/2022).

Rakor yang dibagi dua sesi itu dipimpin langsung oleh Plt Bupati Probolinggo Drs H A Timbul Prihanjoko. Tak sendiri, sejumlah jajaran OPD juga turut hadir.

Awal paparan disampaikan Kepala Dinas Perkim Kabupaten Probolinggo Oemar Sjarif, dan Kepala Dinas PUPR Kabupaten Probolinggo Hengki Cahjo Saputra, materi yang dipaparkan terkait, Pemenuhan layanan infrastruktur berkelanjutan yang ditunjang oleh reformasi birokrasi dan Progam penyelenggaraan jalan, Progam Pengelolaan Sumber Daya Air (SDA), dan Progam penyelenggaraan penataan ruang.

Dalam kesempatan tersebut Plt. Bupati Timbul memberikan arahan agar OPD mengupayakan tetap mengedepankan efisiensi dan melakukan pengendalian seluruh belanja agar tidak terjadi defisit pada akhir pelaksanaan APBD tahun 2022.

Dilanjutkan rakor sesi ke-2, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Probolinggo Fathur Rozi menyampaikan paparan prioritas kegiatan terkait perbaikan standar pelayanan pendidikan untuk SD dan SMP, selain itu perbaikan fasilitas gedung juga perlu mendapat perhatian khususnya di daerah pedesaan.

Plt Bupati Timbul mengatakan agar kualitas bahan bangunan harus diperhatikan untuk memperbaiki sekolah yang rusak.

“Maksimalkan lagi dana yang ada agar kualitas gedung sekolah yang sudah direhab bisa berumur lebih panjang, siswa-siswi menjadi lebih nyaman belajar,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Probolinggo Shodiq Tjahjono menyampaikan program prioritas dalam peningkatan fasilitas pelayanan kesehatan Pusat Kesehatan Masyarakat (PKM), khususnya dalam penambahan kebutuhan tenaga dokter disetiap PKM, sehingga peningkatan kesehatan masyarakat dapat terpenuhi.

Plt Bupati Timbul berharap apa yang menjadi prioritas dan program dari Pemkab Probolinggo khususnya dalam peningkatan sektor infrastruktur, pendidikan dan pelayanan kesehatan ini akan betul-betul berdampak positif bagi masyarakat Kabupaten Probolinggo.(drw/hs)