Banteng Kota Batu Gelar Aksi Lanjutan, Merawat Pohon Penghijauan

Loading

BATU – DPC PDI Perjuangan Kota Batu menggelar aksi lanjutan gerakan peduli lingkungan. Yakni melakukan kerja bakti perawatan dan pemeliharaan tanaman di dua titik Kota Batu, Minggu (21/3/21). 

Aksi ini sebagai tindak lanjut kegiatan penanaman pohon secara serentak pada Januari lalu, di wilayah TPA Tlekung dan Jalibar Oro-Oro Ombo.

Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Batu Punjul Santoso menjelaskan, kegiatan ini merupakan tindak lanjut surat instruksi DPP untuk melaksanakan pemeliharaan dan pengecekan tanaman, sekaligus bersih-bersih lingkungan.

Baca juga: PDI Perjuangan Batu Siap Fasilitasi Kader NU yang Ingin Terjun ke Dunia Politik

“Instruksi kepada DPD dan DPC PDI Perjuangan se-Indonesia serentak pada tanggal 21 Maret, untuk melaksanakan pemeliharaan dan pengecekan tanaman yang dilakukan pada bulan Januari kemarin,” kata Punjul. 

“Sekaligus melakukan bersih-bersih di lingkungan sekitarnya. Kegiatan ini diikuti 120 kader terbagi di dua tempat, yakni di TPA Tlekung dan di Jalan Raya Jalibar dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan,” tambah politisi yang juga Wakil Wali Kota Batu tersebut.

Dia menjelaskan alasan pemilihan lokasi penanaman pohon di TPA Tlekung dan Jalibar, yakni ke depan diharapkan menjadi tempat wisata. Hal ini untuk mengubah paradigma masyarakat mengenai TPA, sehingga di sekitar TPA harus bagus dan rindan.

“Jalibar dulu tegalan yang tidak terpakai akhirnya kita pakai penanaman pohon karena lokasi ini menjadi jalan tembus lewat Kota Malang dan Kota Batu,” tambah dia.

Punjul juga menjelaskan dalam rangka perawatan tanaman yang sudah ada, pihaknya telah berkoordinasi dengan Dinas Lingkungan Hidup Pemkot Batu untuk mengawasi dan membersihkan area di sekitarnya. 

Senada dengan Punjul, Sekretaris DPC PDI Perjuangan Kota Batu  Saifudin Zuhri menambahkan, program ini merupakan kelanjutan surat DPP PDI Perjuangan kepada DPD dan DPC se-Indonesia.

“Sesuai dengan arahan Ibu Megawati Soekarnoputri selaku Ketua Umum PDI Perjuangan untuk secara bergotong-royong dan berkesinambungan melaksanakan penanaman pohon. Alhamdulillah kondisi tanaman yang ditanam DPC PDI Perjuangan Kota Batu dalam kondisi yang baik dan terawat,” ungkap Saifudin.

Menurutnya, sinergitas antara partai politik, kader, masyarakat, dan stakeholder menjadi kunci utama kesuksesan tercapainya tujuan kegiatan ini dalam rangka menjaga kelestarian lingkungan di Kota Batu. (ace)