oleh

Baguna Magetan Baksos di Panti Lansia

pdip-jatim-baguna-magetan-baksos-panti-lansiaMAGETAN – Memasuki Ramadan hari ke-17, Badan Penanggulangan Bencana (Baguna) DPC PDI Perjuangan Magetan menggelar bakti sosial di Panti Sosial Lanjut Usia (PSLU), di Jalan Raya Panekan No. 1 Kelurahan Selosari, Magetan, Rabu (22/6/2016).

Sebanyak 12 pengasuh merawat 88 lansia di panti yang merupakan Unit Pelaksana Teknis Dinas Sosial Pemerintah Provinsi Jawa Timur ini.

Kepala Baguna Magetan Suyono Wiling mengatakan, baksos sengaja digelar di PSLU agar para petugas partai bisa mengetahui dari dekat tentang kebutuhan lansia di Magetan.

“Selain berdialog dengan para pimpinan dan pengasuh panti, kami bisa mengetahui langsung kebutuhan para penghuni panti dan kendala yang dialami selama ini. Sehingga kami bisa merumuskan kebijakan apa yang bisa diambil ke depannya terkait penanganan lansia ini,” ujar Wiling.

Kepala PSLU Magetan Setyo Budi menyampaikan bahwa kebutuhan harian para lansia dan pembinaan kesehatan maupun spiritualnya sudah cukup baik dilakukan. Di panti ini selain ada kegiatan senam, pemeriksaan kesehatan, kesenian, juga ada musala yang dibina ustadz khusus. Namun kebutuhan daya tampung ruangan masih dirasa kurang.

pdip-jatim-baguna-magetan-baksos“Saat ini ada 20-an lansia yang dalam kondisi sudah tidak bisa bangun dari tempat tidur. Sementara antrean lansia lain yang perlu dibawa ke panti karena tidak ada sanak saudara juga cukup banyak. Apalagi cakupan wilayahnya adalah Jawa Timur,” terang Setyo.

Sementara itu Ketua DPC PDI Perjuangan Magetan Joko Suyono yang juga hadir dalam acara ini akan mengusulkan kepada Pemerintah Kabupaten Magetan terkait penanganan lansia ini.

Joko juga mengapresiasi pengorbanan para pengasuh yang sudah rela merawat para penghuni panti.

“Merawat satu orang lansia saja berat sekali, apa lagi ini puluhan lansia, dan bukan sanak saudara. Sungguh ini amal bakti yang mulia dan menjadi pengingat kita semua untuk berbakti pada orangtua agar masa senjanya bahagia,” kata Joko.

Acara juga diisi tausiah Ramadan yang disampaikan Ustadz Anwar Sanusi. Pada kesempatan ini Baguna Magetan menyerahkan sejumlah bantuan obat-obatan dan sembako untuk panti.  (sa)