oleh

Bagi-bagi Wastafel, Tantri: Edukasi Bangun Kesadaran untuk Menjaga Kebersihan

MALANG – Anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kabupaten Malang Tantri Bararoh mengajak masyarakat untuk menjaga kesehatan sebagai upaya membentengi diri dari penularan virus Corona (Covid-19). Salah satunya, dengan rajin mencuci tangan.

Ajakan itu dia sampaikan di sela membagikan gentong air sebagai sarana cuci tangan (wastafel) ke beberapa desa di wilayah Kabupaten Malang, Rabu (15/4/2020).

Sebelumnya, wakil rakyat yang juga Bendahara DPC PDI Perjuangan Kabupaten Malang itu membagikan hand sanitizer, sarung tangan karet, masker hingga penyemprotan pasar dan desa. Kemarin, dia membagikan gentong air berwarna merah ke beberapa desa di Kecamatan Wajak dan Kecamatan Tajinan.

Tak hanya di balai-balai desa, Tantri juga memberikan wastafel portable ini di pondok pesantren dan sarana publik lainnya, seperti pasar rakyat. Gentong air dilengkapi sabun antiseptik itu dijadikan sebagai fasilitas cuci tangan bagi warga setempat untuk mencegah penyebaran virus Corona.

“Itu adalah bagian dari edukasi untuk membangun kesadaran masyarakat, bagaimana menjaga kebersihan dan kesehatan,” jelas Tantri, saat di Desa Ngawonggo, Kecamatan Tajinan.

Tantri pun minta agar warga turut menjaga sarana cuci tangan tersebut dan ikut bergotong royong secara swadaya untuk mengisi air gentong dan sabun jika habis.

“Kepedulian dan sikap gotong royong harus kita bangun bersama-sama. Jika airnya atau sabunnya habis mari kita swadaya isi bersama,” ajak doktor lulusan Universitas Brawijaya Malang itu.

Pamong Desa Ngawonggo pun mengapresiasi atas kepedulian Tantri Bararoh terhadap masyarakat untuk menanggulangi Covid-19. Disampaikan Kasi Pemerintahan Desa Ngawonggo Sutrisno, bahwa tempat cuci tangan itu saat sekarang sangat dibutuhkan warga.

“Dengan adanya gentong air ini, perangkat desa maupun masyarakat bisa semakin rajin cuci tangan. Mudah-mudahan masyarakat desa Kabupaten Malang selalu dilindungi dan terbebas dari virus Corona,” harap Sutrisno. (goek)