Animo Warga Tinggi, Dewanti Harap Stok Dosis Vaksin Kota Batu Segera Ditambah

 63 pembaca

BATU – Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko meninjau lokasi vaksinasi di lima puskesmas. Yakni puskesmas Batu, Sisir, Bumiaji, Junrejo, dan Beji pada Selasa (13/4/2021).

Peninjauan itu untuk mengecek jalannya program vaksinasi yang saat ini menjadi prioritas Pemerintah Kota Batu untuk terus digencarkan.

“Alhamdulillah sekarang antusiasnya luar biasa. Awal vaksin susah mau cari yang ingin divaksin. Tapi sekarang terpaksa menunggu antrtan,” ungkap Dewanti Rumpoko.

Selama meninjau kegiatan vaksinasi, Dewanti melihat begitu besarnya antusiasme masyarakat untuk bisa divaksin.

Program vaksinasi untuk masyarakat di Kota Batu sendiri dibuka di berbagai titik. Bagi masyarakat Kota Batu yang akan melakukan vaksinasi bisa langsung menuju titik yang telah dipersiapkan oleh Pemkot sesuai dengan domisili warga yang bersangkutan.

“Alhamdulillah dari jatah yang diberikan Pemprov Jatim hampir semua sudah tersuntikkan kepada warga. Memang dari jumlah seluruh vaksin ini hanya baru 23 persen dari jumlah warga Kota Batu yang terfasilitasi,” terangnya.

Dia berharap, Kota Batu bisa segera mendapatkan tambahan stok vaksin untuk menampung tingginya animo masyarakat untuk mengikuti vaksinasi.

“Kami sangat berharap kota Batu bisa mendapat tambahan vaksin yang bisa kemudian kami berikan kepada masyarakat herd immunity cepat tercapai,” imbuhnya.

“Masih ada ribuan orang belum tervaksinasi. Kami sangat berharap Kota Batu bisa dapat tambahan vaksin, mudah-mudahan vaksin cepat datang,” tambah Wakil Ketua DPD PDI Perjuangan Jatim ini.

Mekanisme pendaftaran vaksinasi di Kota Batu, lanjut Dewanti, terbagi melalui tiga cara. Pertama warga dapat mendaftar melalui RT/RW setempat, mendaftar melalui Puskesmas, dan yang terakhir mendaftarkan diri secara online berdasarkan link yang telah disediakan.

“Jadi semua itu kita lakukan agar supaya mempercepat capaian,” terangnya.

Dia menambahkan, saat ini pihaknya tengah merancang rencana vaksinasi untuk anak-anak berusia 12 – 17 tahun. Untuk itu, Pemkot Batu bakal menggandeng setiap sekolah untuk memfasilitasi pemberian vaksin kepada anak-anak.

“Nanti ke depan kita kerja sama dengan sekolah untuk mengoordinasikan,” tandasnya.

Di Kota Batu sendiri hingga saat ini, jumlah pemakaian vaksin sudah mencapai angka 49.759 dosis. Hal tersebut terdiri dari jumlah vaksin dosis pertama sebanyak  21,12 persen dan dosis kedua 10,12 persen dari total populasi di Kota Batu. (ace/pr)