oleh

Alternatif Wisata Baru di Kota Pahlawan Ini Ditarget Beroperasi Akhir Tahun

-Sementara Itu...-22 kali dibaca

SURABAYA – Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya menyiapkan sejumlah alternatif tempat wisata baru di Kota Pahlawan. Rencananya, tempat wisata di Surabaya mulai dibuka akhir tahun.

Wisata tersebut adalah wisata kota lama dan wisata air. “Akhir 2021, ada wisata baru yang siap dibuka yakni, Kota Lama dan Wisata air,” ungkap Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi, kemarin.

Saat ini, masing-masing lokasi wisata baru itu dalam persiapan. Pemkot Surabaya tak sendiri, melainkan juga berkerja sama dengan swasta.

Dalam membangun wisata air di Kalimas misalnya, Pemkot menggandeng pihak ketiga, yakni Pelindo III. Kolaborasi dengan Pelindo III juga bisa dirangkai dengan wisata kapal cruise (pesiar).

Biasanya, banyak kapal pesiar yang sering bersandar di Pelabuhan Tanjung Perak. Sehingga, wisatawan yang datang dapat berkeliling menikmati wisata air, kota lama, hingga heritage secara sekaligus.

Kehadiran wisatawan diharapkan juga bisa membawa efek ikutan positif.

Cak Eri menjelaskan, pariwisata di Surabaya jjuga harus bisa mengungkit ekonomi kelas bawah. Di antaranya sektor UMKM.

Oleh karenanya, sentra UMKM diperbanyak. Tak hanya di daerah baru namun bisa di tempat yang mendatangkan banyak orang.

“Kami juga bangun di tempat yang bisa menjadi jujugan orang. Misalnya, di pusat olahraga. Di mana? Gelora Bung Tomo. Kami siapkan tempat lari, serta olahraga lainnya,” bebernya.

“Kalau fasilitas olahraga lengkap, maka masyarakat butuh fasilitas penunjang kan, misalnya untuk makan minum, lainnya. Nah, sentra UMKM juga kami siapkan,” terang dia.

Untuk menarik minat masyarakat datang ke pasar, Pemkot juga akan modernisasi pasar tradisional. Rencananya, ada lima pasar yang akan masuk dalam pilot project.

“Kami bangun menjadi pasar modern yang bersih dan dilengkapi troli, dan sebagainya. Mulai 2022 bisa beroperasi,” kata Cak Eri.  (goek)