Senin
14 Oktober 2024 | 4 : 14

Dapat Dukungan Seniman Reog Ponorogo Wetan, Sugiri Ajak Jaga Jati Diri Bangsa

PDIP-Jatim-Sugiri-Sancoko-13102024

PONOROGO – Dukungan masyarakat pada pasangan calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Ponorogo nomor urut 2, Sugiri Sancoko-Lisdyarita (RiLis), terus berdatangan.

Kali ini, seniman reog Ponorogo yang tergabung dalam Komunitas Kawulo Ponorogo Wetan (KKPW) mendeklarasikan dukungan untuk RiLis di Lapangan Koperasi Unit Desa (KUD) Waras, Kecamatan Pulung.

“Hari ini KKPW yang terdiri dari seniman reog yang berada di wilayah Pulung, Pudak, Sooko hingga Ngebel berkhidmat dan menyatakan dukungan kepada pasangan RiLis periode 2024-2029,” ujar Ketua Panitia KKPW, Agung Sukowiyono, Sabtu (12/10/2024).

Menurutnya, meskipun pasangan petahana itu hanya menjabat 3,5 tahun, kepemimpinan Sugiri-Lisdyarita dirasa begitu peduli terhadap para seniman reog.

“Teman-teman seniman merasa dimanusiakan terhadap kepemimpinan RiLis. Kita merasa tak seperti ban ‘sereb’ (dipakai saat hanya dibutuhkan),” tuturnya.

Para seniman reog juga sangat dihargai. Bahkan, imbuhnya, Kang Giri, sapaan akrab Sugiri, atau Bunda Rita, sapaan Lisdyarita, selalu hadir di tengah masyarakat untuk melihat reog dalam kondisi apapun.

“Selama menjadi seniman reog selama puluhan tahun, kita menemui bupati yang meluangkan waktu menyaksikan reog dalam kondisi apapun, ya hanya di kepemimpinan RiLis’,” terangnya.

“Baik itu acara pernikahan, paguyuban, hingga acara-acara yang ada di desa,” imbuhnya.

Sehingga hal itu juga selaras, jika pihaknya menginginkan pemimpin yang juga memiliki jiwa kesenian dan nguri-uri budaya.

“Bahkan, kepemimpinan RiLis juga berjuang agar bagaimana reog dapat dikenal di kancah dunia. Bahkan juga berkomitmen membangun monumen reog setinggi 126 meter melebihi GWK di Bali,” ujarnya.

Sementara itu, Sugiri Sancoko, yang juga hadir, mengatakan bahwa pihaknya meminta doa restu dan dukungannya kepada semua elemen masyarakat, termasuk para seniman reog.

“Izin untuk maju kembali untuk melanjutkan pembangunan di Kabupaten Ponorogo,” katanya.

Sugiri juga menjelaskan, pihaknya memilih tetap bersama dengan Bunda Rita untuk maju kembali di Pilkada 2024. Seperti diketahui, ada jumlah makro yang dinamakan perempuan.

“Maka suara perempuan harus kita dengar, dan sosok Bunda Rita yang akan mewakili perempuan. Sehingga ini merupakan suatu persamaan derajat antara laki-laki dan perempuan,” tutur politisi PDI Perjuangan itu.

Mengutip Trisakti Bung Karno, Sugiri mendorong para seniman untuk menjadi garda depan pelestarian jati diri bangsa. Seniman harus berdaulat secara politik, mandiri secara ekonomi dan berkepribadian dengan kebudayaan.

“Itu kata-kata yang harus kita pegang. Kita bersama (seniman reog) berjuang agar reog menjadi warisan budaya tak benda ke UNESCO. Ini Indonesia yang lahir dari Ponorogo, maka kita ingin agar reog menjadi episentrum wisata,” tandasnya. (jrs/set)

BACA ARTIKEL PDI PERJUANGAN JAWA TIMUR LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Tag

Baca Juga

Artikel Terkini

KRONIK

Menangkan Paslon Mardinoto dan Risma-Gus Hans, Winarno Gelar Mancing Bareng

TULUNGAGUNG – Anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kabupaten Tulungagung, Winarno, menggelar kegiatan mancing bareng ...
PEMILU

Blusukan, Paslon SAE Dapat Respon Positif dari Masyarakat Sidoarjo

SIDOARJO – Kampanye dilakukan pasangan calon (paslon) bupati dan wakil bupati Sidoarjo, Achmad Amir Aslicin – Edy ...
PEMILU

Ony – Antok Apresiasi Langkah Pemenangan DPC PKB di Pilbup Ngawi

NGAWI – Deru mesin pemenangan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Ngawi Ony Anwar Harsono – Dwi Rianto Jatmiko ...
KRONIK

Parade Musik Keroncong, Fauzi Dorong Jadi Agenda Tahunan Pemkab Sumenep

SUMENEP – Pemerhati seni, Dr. H. Achmad Fauzi Wongsojudo, turut meramaikan Pagelaran Parade Musik Keroncong di ...
KABAR CABANG

PAC se-kabupaten Gresik Gelar Konsolidasi Internal Pemenangan Yani-Alif dan Risma-Gus Hans

GRESIK – Pengurus Anak Cabang (PAC) PDI Perjuangan se-Kabupaten Gresik menggelar konsolidasi internal di ...
PEMILU

Bojonegoro Desa Bisa, Program Teguh – Farida untuk Bantu Permodalan dan Pemasaran Produk UMKM

BOJONEGORO – Calon Bupati Teguh Haryono mengunjungi pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) kerajinan tas di Desa ...