Senin
14 Oktober 2024 | 10 : 19

Bu Min Tinjau Command Center,  Pastikan Layanan Kedaruratan Masyarakat Berjalan Optimal

IMG-20241001-WA0058

GRESIK – Pasca diresmikannya Command Center Gresik pekan lalu, Plt Bupati Gresik Aminatun Habibah meninjau langsung operasional pusat kendali layanan yang menangani laporan kedaruratan dari masyarakat tersebut.

Bu Min sapaan akrabnya ingin memastikan layanan publik itu berjalan efektif dan responsif. Diharapkan mampu menjadi pusat pengendali segala bentuk kedaruratan masyarakat. Baik yang berkaitan dengan pelayanan publik, keamanan, maupun penanganan situasi darurat lainnya.

Salah satu layanan penting adalah Call Center 112, layanan tanggap darurat berbasis panggilan telepon itu sudah aktif sejak 2021. Kali ini telah terintegrasi menjadi satu di Command Center. Sehingga, laporan yang masuk dapat langsung diproses.

“Ini memungkinkan penanganan yang lebih cepat, karena semua sistem sudah terkoneksi dalam satu jaringan,” kata Plt Bupati Gresik Aminatun Habibah, Selasa (01/10/2024).

Bahkan, Bu Min secara langsung menguji keandalan sistem dengan mencoba menghubungi Call Center 112. Dan mengikuti seluruh prosedur yang dilalui masyarakat ketika menyampaikan aduan. Mulai dari verifikasi data, pencatatan laporan, hingga langkah penanganan awal yang dilakukan oleh operator Command Center.

“Saya ingin memastikan sendiri bagaimana alur laporan dari masyarakat ditangani, terutama seberapa cepat respons yang diberikan oleh petugas ketika ada situasi darurat. Semua harus berjalan dengan lancar, tanpa hambatan, karena pelayanan publik yang prima adalah prioritas kami,” imbuhnya.

Hasil simulasi menunjukkan bahwa layanan 112 yang telah terintegrasi dengan Command Center mampu merespons laporan dengan cepat, baik untuk kategori darurat seperti kebakaran, kecelakaan, maupun laporan darurat lainnya.

Jumlah laporan masyarakat yang masuk menunjukkan peningkatan yang cukup signifikan. Tim operator mencatat terdapat 115 laporan dan rata-rata 10 laporan perhari dalam kurun waktu 7 hari sejak diresmikan.

Peningkatan laporan ini bentuk kepercayaan masyarakat terhadap Command Center sebagai sarana pelaporan kedaruratan yang lebih mudah diakses dan dapat diandalkan. Namun sayangnya, hingga saat ini masih banyak pihak-pihak yang kurang bertanggung jawab melakukan prank call.

“Saya melihat peningkatan jumlah laporan ini sebagai tanda positif. Artinya, masyarakat kini merasa lebih percaya dan terbantu dengan adanya layanan ini. Ini juga menjadi tantangan bagi kami untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan agar semua laporan bisa ditangani dengan cepat dan tepat. Kita akan terus upayakan standart pelayanan dibawah 30 menit bisa terus terpenuhi,” pungkasnya.

Bahkan, dari hasil testimoni masyarakat sebagai pengguna layanan 112 sangat positif. Responnya sangat cepat. Dalam kesempatan yang sama, Plt Bupati Aminatun Habibah juga mengecek tampilan cctv lalu lintas yang terhubung dengan Command Center.

Ke depan Command Center juga akan dikembangkan menjadi pusat kendali data yang memonitor berbagai sektor pelayanan publik lainnya, termasuk keamanan lingkungan, hingga pengawasan lalu lintas. (mus/hs)

BACA ARTIKEL PDI PERJUANGAN JAWA TIMUR LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Tag

Baca Juga

Artikel Terkini

SEMENTARA ITU...

Sudah Terbukti, Komitmen Hendy-Firjaun Salurkan Bansos Tanpa Pungli

JEMBER – Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Jember nomor urut 1, Hendy Siswanto-KH Muhammad Balya Firjaun ...
KRONIK

Inda Raya Dorong Prestasi Anak Difabel di Dunia Karate Kota Madiun

MADIUN – Calon Wali Kota Inda Raya telah menjadi pendorong utama dalam kehidupan banyak atlet muda difabel di Kota ...
MILANGKORI

Sapa Warga Desa Kunjorowesi, Cabup Ikfina Komitmen Atasi Masalah Air Bersih

MOJOKERTO – Masyarakat Desa Kunjorowesi, Kecamatan Ngoro, Kabupaten Mojokerto menyatakan kompak mendukung calon ...
KRONIK

Menangkan Paslon Mardinoto dan Risma-Gus Hans, Winarno Gelar Mancing Bareng

TULUNGAGUNG – Anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kabupaten Tulungagung, Winarno, menggelar kegiatan mancing bareng ...
PEMILU

Blusukan, Paslon SAE Dapat Respon Positif dari Masyarakat Sidoarjo

SIDOARJO – Kampanye dilakukan pasangan calon (paslon) bupati dan wakil bupati Sidoarjo, Achmad Amir Aslicin – Edy ...
PEMILU

Ony – Antok Apresiasi Langkah Pemenangan DPC PKB di Pilbup Ngawi

NGAWI – Deru mesin pemenangan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Ngawi Ony Anwar Harsono – Dwi Rianto Jatmiko ...