Penerima Rekom Cakada PDIP Wajib Cintai Bumi

SIDOARJO – Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri akan menyerahkan sebuah pohon kepada penerima rekomendasi bakal calon kepala daerah yang akan berlaga di Pilkada 2020, Rabu (19/2/2020).

“Besok kita umumkan para calon kepala daerah. Ibu Megawati akan memberikan pohon. Sehingga seluruh gerakan mencintai lingkungan dan bumi menjadi sebuah spirit dan akan hidup selamanya di hati rakyat Indonesia,” kata Hasto.

Hal itu dia sampaikan di depan peserta Rapat Kerja Daerah (Rakerda) PDI Perjuangan Jawa Timur, di Hotel Utami, Juanda, Sidoarjo, Selasa (18/2/2020).

Baca juga: Besok Megawati Umumkan Jago PDIP di Pilbup Ngawi, Surabaya Gelombang Berikutnya

Menurut Hasto, hal itu sejalan dengan hasil Rapat Kerja Nasional (Rakernas) I PDI Perjuangan yang dilaksanakan di Jakarta beberapa waktu lalu.

Saat Rakernas, tema jalur rempah diangkat, sebagai wujud dari bagaimana perhatian luar biasa Megawati Soekarnoputri terhadap alam raya. Tujuannya adalah bagaimana masalah pangan dan obat-obatan harus menjadi fokus pembangunan bangsa ke depan.

Dengan itu, PDIP ingin memastikan bahwa politik harus menyentuh aspek keseharian masyarakat lewat aksi jaga lingkungan, hidup bersih, yang intinya merawat bumi. “Yakinlah, kalau kita merawat bumi, maka bumi akan juga mencintai kita,” tegas Hasto.

Atas dasar itu pula, PDI Perjuangan mencanangkan gerakan merawat bumi lewat gerakan menanam pohon demi menyelamatkan Sungai Citarum, Jawa Barat, di awal bulan ini. Sehingga menanam pohon pun menjadi aktivitas rutin.

“Ini akan dilanjutkan dan diawasi. Nanti kita harap ada laporan rutin, berapa banyak pohon yang telah ditanam oleh para kader kita yang duduk di eksekutif dan legislatif. Ini akan menjadi tolak ukur keberhasilan kepemimpinannya,” ujarnya.

Di sisi lain, PDI Perjuangan juga sudah mengeluarkan perintah bagi kadernya yang duduk di kepala daerah untuk menjaga urat nadi sungai di wilayahnya masing-masing.

“Sebab politik harus berbicara soal kehidupan, bagaimana kita mengimplementasikan nilai ketuhanan yang menyatukan dan membebaskan lewat merawat kehidupan dan alam kita,” tutur Hasto.

Selain merawat bumi, PDI Perjuangan juga akan memastikan para calon kepala daerah untuk memahami serta memaknai rekam jejak peradaban bangsa. Maka itu, mereka akan diajak melakukan safari kebudayaan mengunjungi situs-situs purbakala.

“Selain sebagai penghormatan, juga perwujudan bahwa tak ada bangsa besar yang tak menghargai sejarah bangsanya,” tandas Hasto. (goek)