oleh

Wujudkan Politik Hijau, Banteng Bergerak Magetan Punya 3 Pesemaian Bibit

-Milangkori-45 kali dibaca

MAGETAN – Gerakan penghijauan dengan aksi bersih-bersih lingkungan alam dan penanaman pohon terus dilakukan Komunitas Banteng Bergerak Magetan (BBM). Bahkan, kini, BBM sudah mempunyai pesemaian (tempat menyemai) bibit di tiga desa.

Menurut Pembina BBM yang juga Ketua Komisi D DPRD Magetan, Suyono Wiling, anggota komunitas BBM saat sekarang mencapai ratusan relawan. Rupa-rupa bentuk kegiatannya. Mulai aksi bersih-bersih sungai, penanaman pohon, hingga penyemaian bibit. Untuk aksi penanaman pohon, BBM sudah menanam setidaknya 40 ribuan pohon.

“Kita juga telah membuat dan memiliki 3 lokasi persemaian bibit ,”ujar Wiling, Senin (26/4/2021). “Ketiga tempat tersebut yakni di Desa Pacalan dan Desa Sidomuti Kecamatan Plaosan serta Desa Sidokerto Kecamatan Sidorejo. Itu semua terwujud atas kerja sama dan gotong-royong,” tambah dia.

Bentuk gotong-royong dalam penyemaian bibit, lanjut Suyono Wiling, relawan maupun warga biasanya menyumbangkan bibit tanaman atau berupa biji-bijian ke persemaian. Misalnya saja biji alpokat, durian, jeruk keprok, jeruk besar, kelengkeng, jambu berbagai jenis, sirsat, duku, belimbing, maupun duwet.

Berikutnya, lanjut politisi PDI Perjuangan ini, bibit maupun biji yang telah disemai dan siap ditanam, dikembalikan kepada masyarakat dengan cara ditanam di pinggir-pinggir sungai atau tepi hutan seperti dilakukan sepekan lalu di tepi Sungai Desa Pacalan. “Makanya kita prioritaskan bibit tanaman produktif,” katanya.

Suyono Wiling berharap, gerakan penghijauan bumi, mencintai lingkungan alam, bisa dilakukan semua orang. Sebab mencintai lingkungan dengan tindakan nyata menanam pohon, tidak sekadar untuk dinikmati masyarakat yang ada pada saat ini. “Agar anak cucu ke depan bisa menikmati tinggalan kita bersama,” kata Suyono Wiling mengutip pesan Ketua Umum Megawati Soekarnoputri ihwal politik hijau. (rud/hs)