oleh

Untari dan Gubernur Bali Bahas Kebangkitan Ekonomi Pariwisata

DENPASAR – Ketua Umum Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) Sri Untari Bisowarno berkunjung ke Bali dan bertemu Gubernur Wayan Koster pada Selasa (25/8/2020).

Selama kunjungan ke Bali, Untari yang juga Sekretaris DPD PDI Perjuangan Jawa Timur ini membahas kebangkitan ekonomi pariwisata kembali yang terpuruk akibat pandemi Covid-19.

Dalam kunjungannya tersebut, Untari bertukar pikiran dan pendapat, serta membangun kesepahaman dengan Wayan Koster dalam menggerakkan koperasi dan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) Bali.

Baca juga: Ketua Umum Dekopin: Selama Pandemi, Pemprov Bali Sangat Peduli Koperasi

Untari menyebut, Bali dengan segala potensi alam dan budaya yang sudah mendunia, tidak hanya menjadi magnet turis lokal dan turis mancanegara untuk berkunjung.

“Eksotisme Bali menjadi modal dan peluang untuk terus mendorong masyarakat Bali lebih berdaya dan maju dalam perekonomian,” kata Untari, Rabu (26/8/2020).

Dia menyebutkan perdagangan global memang menantang kita untuk produktif dan kreatif. Sebab, Indonesia tidak bisa hanya menjadi ‘pasar’.

Namun, tambah Untari, harus mampu menjadi pelaku pasar yang mampu menghasilkan karya-karya inovatif. “Kreativitas dibutuhkan untuk memperkuat kemampuan daya saing,” ujarnya.

Untari menambahkan, bahwa produktivitas dan kreativitas itu harus ditopang kesadaran masyarakat Bali untuk berpegang pada budaya sebagai kepribadian.

“Sehingga benar-benar menjadikan Bali sebagai ‘pintu’ bagi Indonesia untuk tumbuh kembang, untuk maju, dan mewujudkan cita-cita bersama: kesejahteraan bersama, kesejahteraan yang berkeadilan sosial,” pungkasnya. (goek)

rekening gotong royong