oleh

Sesuai Trisakti Bung Karno, PDIP Apresiasi Pembukaan Asian Games 2018

-Berita Terkini, Kronik-11 kali dibaca

JAKARTA – Sekretaris Jenderal PDI-Perjuangan Hasto Kristiyanto mengatakan, partainya sangat bangga melihat parade berbagai kebudayaan Indonesia saat pembukaan Asian Games 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Sabtu (18/8/2018).

“Semua sangat membanggakan, dan berakar kuat pada kebudayaan Indonesia. Suara kebangkitan kebudayaan Indonesia bergema di seluruh Asia,” ujar Hasto, Minggu (19/8/2018).

Menurut Hasto, pertunjukan yang disajikan dalam pembukaan ajang olahraga terbesar se-Asia tersebut sukses menunjukkan identitas Indonesia yang kaya tradisi budaya.

Hal tersebut sesuai dengan salah satu poin dalam Trisakti yang dicetuskan Presiden pertama RI Soekarno, yang berbunyi berkepribadian dalam budaya.

“Terbukti kebudayaan Indonesia begitu berwarna, penuh pesona dan mengekspresikan nilai-nilai kemanusiaan yang begitu kental. Trisakti Bung Karno begitu membumi,” tutur Hasto.

Dia juga menilai, bahwa pembukaan Asian Games 2018 menjadikan GBK sebagai tonggak bagi kebudayaan Indonesia.

“Gelora Bung Karno telah hadir kembali dengan seluruh spirit juangnya: menjadi simbol kekuatan the new emerging forces,” ujarnya.

“Kini (GBK) makin lengkap sebagai mercusuar tampilan kebudayaan Indonesia dari Sabang sampai Merauke, dari Rote sampai Miangas,” tambah dia.

Oleh sebab itu, pihaknya menyampaikan apresiasi kepada para pengisi acara yang telah berhasil menghidupkan kembali semangat Bung Karno tersebut. Pujian itu juga ditujukannya terhadap penampilan Presiden Joko Widodo saat opening ceremony.

Pada video intro pembukaan Asian Games 2018, tampak Presiden Jokowi menggunakan motor gede (moge) untuk menuju GBK.

“Terlebih dengan kejutan tampilan Pak Jokowi yang elegan, menghentak, dan penuh ruang kreativitas yang membuat Indonesia bangga punya sosok presiden visioner, milenial dan penuh gagasan kreatif tersebut,” kata dia. (goek)