oleh

Serahkan Beasiswa PIP dari Guruh Sukarno Putra, Lukman: Kepedulian Mas Guruh pada Generasi Muda Blitar

-Kronik-72 kali dibaca

BLITAR – Anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kabupaten Blitar, Lukman Indra Laksono, menggelar sosialisasi dan penyerahan sertifikat beasiswa PIP jalur aspirasi anggota DPR RI Guruh Sukarno Putra. Beasiswa tersebut diserahkan secara simbolis pada 155 penerima manfaat di dua desa, yaitu Desa Kunir dan Desa Wonodadi, Kecamatan Wonodadi, Blitar, Rabu (15/9/2021).

Lukman mengatakan, bantuan beasiswa PIP ini merupakan program aspirasi anggota Komisi X DPR RI, Guruh Sukarno Putra, yang berangkat dari Dapil Jatim VI (Kota Blitar, Kabupaten Blitar, Kota Kediri, Kabupaten Tulungagung, Kota Kediri dan Kabupaten Kediri).

“Alhamdulillah untuk tahun ke-2 Program Indonesia Pintar jalur aspirasi DPR RI Mas Guruh Sukarno Putra kembali dirasakan langsung oleh masyarakat Kabupaten Blitar,” ujar Lukman.

Wakabid Kebudayaan Nasional DPC PDI Perjuangan Kabupaten Blitar ini menjelaskan, sosialisasi PIP ini penting dilakukan bagi para penerima manfaat. Hal tersebut dapat memudahkan pencairan bantuan dan memberikan pemahaman tentang regulasi baru dalam penyaluran beasiswa PIP pada tahun 2021.

“Dalam sosialisasi ini kita paparkan kepada orang tua atau wali murid yang hadir agar mereka tidak kesulitan saat hendak mencairkan beasiswa tersebut nantinya,” terang dia.

Menurutnya, bantuan beasiswa PIP ini merupakan bentuk kepedulian dari Guruh Sukarno terhadap pemenuhan pendidikan untuk anak-anak di Blitar. Yang mana, secara keseluruhan, baik Kota Blitar maupun Kabupaten Blitar, jumlah penerima manfaat yang diperjuangkan Guruh Sukarno Putra, mencapai 8 ribu anak.

“Mas Guruh Sukarno ini sangat peduli terhadap warga Blitar. Karena kecintaannya itu, beliau betul-betul perjuangkan ke pemerintah pusat agar tidak ada kasus anak putus sekolah,”tandasnya.

Sementara itu, Purwati, salah satu orang tua murid yang menerima manfaat beasiswa PIP ini mengaku senang dan bahagia karena anaknya mendapatkan bantuan beasiswa PIP dari Guruh Sukarno Putra.

Bahkan dia juga mengungkapkan rasa syukur dan mengucapkan terima kasih kepada PDI Perjuangan melalui wakil rakyatnya di DPR RI, yaitu Mas Guruh Sukarno Putra.

Menurutnya, Beasiswa Program Indonesia Pintar ini sangat membantu orang tua dalam pemenuhan kebutuhan pendidikan anak-anak, terutama saat situasi pandemi Covid-19.

“Alhamdulillah, anak saya dapat bantuan beasiswa PIP ini. Saya sangat bersyukur sekali. Terima kasih Mas Guruh Sukarno,” ucap Purwati.

Sementara itu, Sekretaris BAGUS Blitar, Yudi Iriansi Wibowo, yang turut mendampingi pencairan beasiswa PIP jalur aspirasi DPR RI Tahun 2021 menjelaskan, teknis mekanisme pencairan beasiswa Bantuan Program Indonesia Pintar (PIP) jalur Aspirasi tahun 2021 ini berdasarkan Surat Keputusan (SK) kementerian pendidikan kebudayaan, Riset dan Teknologi terbagi menjadi 3. Yaitu SK Nominasi, SK Pemberian dan SK Reject.

Sebab itu, dia berharap bantuan ini mampu dicairkan oleh para orang tua murid dan dapat dipergunakan dengan sebaik-baiknya untuk memperlancar proses pembelajaran anak.

“Penerima manfaat bantuan beasiswa PIP ini mulai tingkat SD, SMP, SMA / SMK adapun besaran beasiswa PIP untuk siswa SD 450 ribu, untuk siswa SMP 750 ribu, dan untuk SMA / SMK 1 juta. Dan bantuan PIP tersebut langsung masuk ke rekening masing-masing siswa,” beber dia. (arif/set)