oleh

Resmikan Mal UMKM, Bupati Fauzi Berharap Produk UMKM Maju dan Bisa Bersaing

-Kronik-38 kali dibaca

SUMENEP – Bupati Sumenep, Achmad Fauzi, meresmikan Mal UMKM yang berlokasi di depan Keraton Sumenep, Senin (27/6/2022). Mal tersebut menyediakan oleh-oleh khas kabupaten berjuluk Kota Keris itu.

Bupati Fauzi mengatakan, keberadaan mal UMKM itu, selain menampung produk pelaku ekonomi kreatif, juga untuk mempermudah wisatawan yang berkunjung ke Sumenep mendapatkan oleh-oleh khas berupa jajanan hingga kerajinan.

“Ini embrio bangkitnya UMKM Sumenep. Produk unggulan UMKM bisa dititipkan di mal ini,” ujar Bupati Fauzi.

Lewat mal UMKM, Ketua DPC PDI Perjuangan Sumenep itu meminta agar para pelaku UMKM terdata, sehingga produknya dapat dijajakan secara terpusat di mal tersebut. Menurutnya, berdasarkan hasil riset yang dilakukan pihaknya, wisatawan yang berkunjung ke museum Keraton Sumenep di bulan Juni 2022 saja, hampir mencapai seribu orang.

“Ini potensi, sehingga kami konsep para pengunjung yang datang ke museum, masuk lewat labeng mesem keluarnya harus melewati mal UMKM, biar bisa melihat-lihat produk yang ada, biar bisa membeli,” ungkapnya.

Keberadaan pusat oleh-oleh itu, lanjut orang nomor satu di lingkungan Pemkab Sumenep itu, bertujuan memfasilitasi para wisatawan agar tidak kesulitan dalam berbelanja produk khas Sumenep.

“Keberadaan mal ini bertujuan memberikan kemudahan, agar tidak bingung mencari produk unggulan UMKM. Jadi, bisa terpusat,” jelasnya.

Dengan keberadaan pusat oleh-oleh khas Sumenep ini, Pemkab Sumenep ingin terus mendorong agar produk UMKM semakin maju dan bersaing dengan produk atau industri lain.

“Nanti, seluruh produk UMKM Sumenep, mulai dari makanan, jamu, kerajinan ukiran, batik hingga keris, akan tersedia di mal ini,” tandasnya. (set)