Reses, Martin Hamonangan Serap Aspirasi Petani Kopi Kalibaru Banyuwangi

 187 pembaca

BANYUWANGI – Memanfaatkan jeda masa sidang (reses) pertama tahun ini, anggota DPRD Jawa Timur Martin Hamonangan SH MH menggelar pertemuan dengan para petani kopi di Desa Kalibaru Kulon Kecamatan kalibaru, Kamis (3/2/2022).

Dialog antara petani dengan wakil rakyat dari PDI Perjuangan tersebut berlangsung gayeng. Seputar kopi tentunya. Mulai dari proses tanam yang masih konvensional hingga masa petik.

“Hari ini kita berbicara soal bagaimana peningkatan hasil produksi petani kopi yang ada di Kalibaru ini,” kata Martin.

Dia menjelaskan, untuk meningkatkan produktivitas, petani harus menyesuaikan dengan perkembangan zaman, yakni pertanian modern.  Manajemen tanam dan rekayasa genetik, serta memperhatikan kematangan buah saat masa petik.

“Dan untuk mengetahui tingkat kematangan kopi yang sempurna, para petani harus memiliki kompetensi,” ungkapnya.

Lebih lanjut, legislator dari Dapil Jatim IV ini mengungkapkan jika dirinya bersedia membantu para petani untuk lebih meningkatkan hasil produksinya. Semisal membantu akses permodalan maupun pelatihan bagi petani.

“Nanti akan saya support,” ujar Martin.

Selain itu, Sekretaris BSPN DPD PDI Perjuangan Jatim ini juga meminta kepada kader-kader PDI Perjuangan di Kecamatan Kalibaru untuk turut melakukan pendampingan kepada para petani kopi.

“Guna membantu saudara-saudara petani dalam meningkatkan nilai ekonomis. Sehingga menjadi industri pertanian rakyat yang unggul dan mampu meningkatkan kesejahteraan petani,” pungkasnya. (ryo/hs)